Saturday, June 23, 2018
Beranda > Mutiara Hikmah > Rasulullah Anjurkan Busana Putih

Rasulullah Anjurkan Busana Putih

Dalam hal pakaian, Rasulullah Saw menganjurkan umatnya agar mengenakan pakaian berwarna putih. “Pakailah pakaian putih. Sesungguhnya pakaian yang putih itu lebih suci, bersih, dan lebih baik.” (HR Ahmad dari Samurah)

Pakaian putih mendorong pemakainya untuk lebih berhati-hati dari terkena kotoran atau najis. Pakaian putih juga baik bagi cuaca panas, karena memantulkan cahaya panas. Lebih dari itu, pakaian putih dapat mengingatkan orang bahwa pada saatnya nanti, ketika kita meninggal dunia, kita akan berpakaian kain kafan yang berwarna putih.

Dalam hadits lain Rasulullah Saw bersabda, “Berpakaianlah yang bagus.” Karena, pakaian bagus tentu akan enak dipandang. Akan tetapi kita dilarang berlebihan, tentu saja.

Pada prinsipnya, pakaian dalam pandangan Islam harus memenuhi dua fungsi, yaitu sebagai penutup aurat dan pelindung tubuh dari cuaca. Jika suatu pakaian tidak memenuhi kedua fungsi tadi, tentu dilarang oleh Islam, terutama jika tidak memenuhi fungsi menutup aurat, sebagus apa pun pakaian tersebut.

Satu hal lain yang patut diperhatikan, seorang pria tidak dibolehkan mengenakan pakaian wanita, dan sebaliknya, wanita pun tak boleh berpakaian pria.

“Allah melaknat seorang pria yang mengenakan pakaian wanita dan (melaknat pula) wanita yang mengenakan pakaian pria.” (HR Abu Daud dari Abu Hurairah). Wallahu a’lam.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *