Sunday, December 17, 2017
Beranda > Hong Kong > Aksi Demo Diabaikan, ATKI HK Istighosah di Depan KJRI Hong Kong

Aksi Demo Diabaikan, ATKI HK Istighosah di Depan KJRI Hong Kong

Karena tidak ada tanggapan dari pihak konsulat terkait aksi piket demonstrasi beruntun mulai 12 Februari 2012, Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Hong Kong (ATKI HK) menggelar istighosah, Ahad (4/3), di depan kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong, Kenswick Road, Causewaybay.

Diikuti 100 peserta (BMI Hong Kong), istighosah dimaksudkan untuk menggugah hati pejabat KJRI atas penderitaan BMI yang telah diperas agency. Acara berlangsung dua sesi, yaitu sesi pukul 13.00-14.00 dan pukul 15.00-16.00.

Juru bicara aliansi BMI HK Cabut UUPPTKILN No.39 /2004, Ganika Diristiani, mengatakan, hingga kini korban terus berjatuhan. BMI yang tinggal di shelter dan menghadapi berbagai kasus di majikan sangat khawatir nasib mereka yang kesulitan mencari agen baru karena pelarangan pindah agen.

Dijelaskannya, karena pelarangan kontrak mandiri bagi BMI di luar negeri, maka setiap kali memproses kontrak baru, mereka harus mendaftarkan diri ke agensi dan dimintai biaya yang lumayan tinggi, antara HKD 1.500-HKD 15.000, selain biaya keberangkatan HKD 21.000 yang telah dibayarkan di kontrak pertama.

“Pemerintah Indonesia melalui Konsulat Indonesia di Hong Kong tidak mengakui kesetaraan buruh migran Indonesia yang mayoritas perempuan adalah manusia. Hak-hak perempuan dan buruh harus dijunjung. BMI dianggap lemah dan bodoh sehingga harus dikontrol penuh oleh PPTKIS dan agensi,” tegasnya.

Di akhir orasi, Ganika mengajak BMI HK untuk merayakan hari perempuan internasional dengan bergabung dalam aksi demonstrasi tanggal 11 Maret 2012 menuju kantor KJRI dan pemerintah Hong Kong untuk menuntut kenaikan upah. (Rima Khumaira/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *