Friday, October 19, 2018
Beranda > Dunia Islam > Aksi Demo Kembali Guncang Arab Saudi

Aksi Demo Kembali Guncang Arab Saudi

Demonstrasi anti pemerintah Saudi terjadi di jalan-jalan timur kota Qatif. Mereka mengutuk bantuan pemerintah Riyadh terhadap tindakan keras Manama kepada para demonstran Bahrain.

Para pengunjuk rasa Jumat (20/5) mendesak pemerintah Saudi segera menghentikan dukungannya terhadap rezim Manama dalam menekan protes rakyat Bahrain dan segera menarik pasukannya dari negara tetangganya itu.

Pekan lalu, pihak berwenang Bahrain mengumumkan bahwa tentara Saudi akan tetap bercokol di Bahrain bahkan setelah kondisi darurat dicabut pada bulan Juni.

Menteri Luar Negeri Bahrain, Sheikh Khaled al-Khalifa, mengkonfirmasikan kemungkinan berlanjutnya kehadiran pasukan Saudi di Bahrain. Sheikh Khaled menegaskan bahwa Dewan Kerjasama Teluk Persia akan membangun pangkalan militer di negara-negara Arab sekitar Teluk Persia.

Demonstran Saudi menyerukan reformasi hak asasi manusia, kebebasan berekspresi dan pembebasan sejumlah tahanan politik yang ditahan tanpa proses pengadilan selama lebih dari 16 tahun.

Arab Saudi timur telah menjadi tempat protes anti-pemerintah selama beberapa bulan terakhir dan pihak berwenang telah menangkap puluhan orang, termasuk blogger dan penulis yang mengambil bagian dalam aksi unjuk rasa.

Pemantau HAM internasional melaporkan, lebih dari 160 orang ditahan sejak Februari lalu sebagai bagian dari tindakan keras pemerintah Saudi terhadap para demonstran. (IRIB/PH)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *