Friday, October 20, 2017
Beranda > Dunia Islam > Aktivis Islam Akan Dominasi Parlemen Mesir

Aktivis Islam Akan Dominasi Parlemen Mesir

Aktivis Islam akan mendominasi parlemen Mesir dan menjadi mayoritas kuat, berasarkan hasil pemilu putaran pertama awal pekan lalu. Ikhwanul Muslimin diperkirakan menjadi pemenang pemilu pertama pasca penggulingan rezim Husni Mubarak ini.

Para aktivis Islam yang jadi anggota parlemen itu diperkirakan akan memengaruhi kehidupan sosial Mesir dan pergeseran dalam kebijakan luar negeri, terutama terhadap isu Israel dan Palestina.

Dengan demikia, Mesir mengikuti jejak Tunisia dan Maroko yang dalam pemilu lalu juga dimenangkan kalangan Islamis.

Penghitungan suara sementara menunjukkan, Ikhwanul Muslimin –kelompok terbesar dan paling terorganisir di negara itu– bisa meraih 45 persen kursi parlemen.

Selain Ikhwanul Muslimin, partai-partai  politik yang didukung oleh kalangan Muslim Salafi “ultrakonservatif” diperkirakan meraih 20 persen suara. Hal itu menjadikan partai-partai Islam menjadi pemenang mayoritas yang mencolok dalam putaran pertama pemungutan suara di distrik kunci, termasuk Kairo dan Alexandria.

Koalisi partai-partai liberal diperkirakan hanya akan meraih sekitar 20 persen kursi. Pemilu di Mesir selama tiga putaran akan berlangsung sampai Maret 2012.

Sebelum berakhirnya rezim Husni Mubarak, Ikhwanul Muslimin secara resmi dilarang dan ditekan selama beberapa dekade. Namun, mereka membangun jaringan nasional aktivis yang berfokus pada kegiatan sosial dan dakwah. Setelah kejatuhan Mubarak, Ikhwan mendirikan Partai Kebebasan dan Keadilan.

Israel menjadi negara yang paling gentar dengan hasil pemilu tersebut. Pasalnya,  Israel sangat tidak populer di sebagian besar masyarakat Mesir, dan para pemimpin Ikhwan telah mengatakan akan meninjau hubungan Mesir dengan negara Yahudi itu. Di bawah kendali Ikhwan, Mesir juga dapat mempererat hubungan dengan Hamas, kelompok pejuang yang menguasai Jalur Gaza.  (Mel/Stuff.co.nz/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *