Saturday, October 21, 2017
Beranda > Hong Kong > Al-Fitroh, Syiarkan Islam di Yuen Long NT

Al-Fitroh, Syiarkan Islam di Yuen Long NT

Organisasi berbasis keagamaan (Islam) yang didirikan Buruh Migran Indonesia Hong Kong  (BMI HK) berperan besar dalam syiar dakwah Islam di negeri beton ini. Tidak hanya berpusat di Hong Kong, BMI HK juga aktif berdakwah di beberapa daerah New Teritories (NT), di antaranya Yuen Long.

Al-Fitroh merupakan organisasi Muslimah BMI HK yang berdiri sejak 2009, berpusat kegiatan di Yuen Long, New Teritories, saat ini memiliki anggota sekitar 50 orang. Diketuai oleh Marsidah, program kegiatan mereka yaitu menjadi pelopor mempertahankan dan mensyiarkan Islam, bukan hanya bagi mereka yang sudah mengerti Islam, tapi terlebih bagi mereka yang belum mengerti.

Al-Fitroh melakukan sosialisasi pembelajaran Al-Qur’an, tajwid, iqro, sholawat, dan kegiatan keagamaan lainya yang mereka adakan rutin setiap liburan. Sesekali mereka juga menggelar pengajian akbar dengan mengundang da’i dari tanah air, seperti pengajian akbar dan dzikir bersama Ustadz Natta, Ahad (4/12) lalu.

“Kita pastinya ingin mengajak semua BMI HK untuk lebih mendalami agama, terbuka untuk semua yang memang ingin belajar, semoga kita bisa menarik mereka yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, dan mengamalkanya untuk yang lain,” ujar Sekretaris Al-Fitroh, Istiqomah, saat ditemui DDHK News di pengajian akbar yang mereka adakan di aula Mesjid Tsim Tsa Tsui HK, Ahad (4/12).

“Untuk kegiatan pengajian akbar, kami juga tujukan agar bisa mengajak kawan yang masih jauh dari kesadaran agama, terbawa pengaruh negatif, semoga ini bisa menjadi media yang baik, dan kami mengadakan setiap ada kesempatan, kadang dua atau tiga bulan sekali.”

Soal tantangan, Istiqomah mengatakan, secara umum keterbatasan waktu dan keadaan kita yang juga harus berada “di rumah orang”, mayoritas non-Muslim lagi, bekerja dalam tekanan.

Harapan dan pesan bagi kawan BMI lainya, biarpun hati kita tertekan namun jangan terbelenggu keadaan untuk tetap beribadah dan berusaha mempertahankan iman serta menjadi orang baik. (Anita Sri Rahayu/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *