Tuesday, November 21, 2017
Beranda > Dunia Islam > Al-Jazeera Buat Film Dokumenter tentang Muslim Islandia

Al-Jazeera Buat Film Dokumenter tentang Muslim Islandia

Stasiun televisi Arab Al Jazeera saat ini sedang membuat film dokumenter tentang kehidupan Muslim di Islandia, dokumenter ini akan ditayangkan pada bulan Desember nanti.

Film dokumenter ini mengenai bagaimana Muslim di tepian Artik ini menghormati bulan Ramadhan dan kemudian para kru akan melakukan perjalanan ke Selandia Baru praktik-praktik keagamaan Muslim di ujung lain dunia selama bulan suci dalam kalender Islam tersebut.

Di antara yang diwawancarai dalam dokumenter tersebut adalah Ólafur Halldórsson Ali, pemimpin Asosiasi Muslim Islandia, dan sutradara film Egill Noor Prunnner.

Halldórsson mulai memeluk Islam 20 tahun lalu, sedangkan Prunner baru memeluk Islam bulan Februari kemarin. Jadi Ramadhan tahun ini adalah puasa pertama baginya. Ibu sutradara Prunner juga diwawancarai dalam film dokumenter ini.

“Ibu saya agak ragu pertama kali ketia saya bertobat, tetapi sekarang ibu saya telah melihat bagaima itu baik bagi saya,” katanya.

Halldórsson mengatakan, kru pembuat film tertarik khususnya pada aturan-aturan Ramadhan yang tidak diikuti secara ketat di Islandia dibanding yang diikuti di belahan dunia lain. Di Islandia buka puasa dilakukan sebelum matahari benar-benar tenggelam. “Ini mungkin akan menjadi bahan pembicaraan di negara lain.”

Biasanya umat Islam melaksanakan puasa mulai terbitnya fajar hingga senja, tetapi di Islandia kondisinya tidak sama, hari-hari pada musim panas seperti saat ini sangat panjang, mulai akhir bulan Juni matahari di Islandia hampir sama sekali tidak tenggelam, dalam waktu satu hari hampir terus terang benderang. Ramadhan tahun ini berlangsung mulai tanggal 1 hingga 29 Agustus.

Hampir-hampir seluruh wilayah di Islandia selalu diliputi salju tebal atau es.Islandia (Iceland)  atau Tanah Es adalah sebuah negara pulau di bagian utara Samudera Atlantik. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. [muslimdaily.net/Iceland Review On]

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *