Saturday, June 23, 2018
Beranda > Dunia Islam > Amerika dan Rusia Implisit Akui Negara Palestina

Amerika dan Rusia Implisit Akui Negara Palestina

DDHK News — Amerika Serikat dan Rusia hari Selasa (18/1) mengikuti langkah sejumlah negara Amerika Selatan yang sudah secara terbuka mengakui negara Palestina merdeka.

Berbicara kepada pers di Jericho selama kunjungannya ke Otorita Palestina, Presiden Rusia Dimitry Medvedev menegaskan, Rusia telah mengakui negara Palestina ketika Yasser Arafat mendeklarasikan kemerdekaan Palestina tahun 1988.

“Kami telah mendukung pembentukan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibukota sejak abad lalu dan kami masih mendukungnya,” kata Medvedev seperti dikutip Israel Today (19/1).

Pejabat Palestina menyatakan, pernyataan Medvedev itu “bersejarah”. Ia menyataan terima kasih kepada Rusia yang telah bergabung dengan sejumlah negara lain yang telah mengakui negara Palestina tanpa ada perjanjian damaian dengan Israel.

“Pernyataan pemimpin Rusia itu merupakan langkah bersejarah yang membuat bangga bangsa Palestina,” kata kepala perunding Palestina, Saeb Erekat.

Beberapa jam kemudian, pemerintahan Amerika Serikat mengizinkan Palestina mengibarkan bendera mereka di atas kantor misi diploatik Otorita Palestina di Washington untuk pertama kalinya. Pengibaran bendera itu secara simbolis mengubah lokasi itu menjadi kedutaan nasional Palestina.

Anggota Kongres Amerika dari Partai Republik, Ileana Ros-Lehtinen, menyatakan kemarahannya. Ia menilai, pengibaran bendera Palestina itu untuk memanipulasi penerimaan internasional dan pengakuan diplomatik terhadap negara Palestina. (Mel/Israel Today/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *