Monday, September 25, 2017
Beranda > Dunia Islam > Amerika Halangi Kapal Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Amerika Halangi Kapal Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Atas desakan Israel, pemerintah Amerika Serikat menghalangi konvoi bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina, dengan memperingatkan Turki agar tidak membantu armada baru datang ke Jalur Gaza.

“Kami sudah sangat jelas meminta pemerintah Turki untuk tidak membantu pengiriman armada baru (kapal bantuan kemanusiaan) ke Gaza,” kata Asisten Sekretaris Negara untuk Urusan Eropa dan Eurasia, Philip Gordon, seperti dikutip kantor berita Anatolia (18/5).

Israel menginginkan pemerintah Turki mencegah para aktivis Turki dari bergabung dengan armada tersebut.

Namun, Turki mengatakan konvoi bantuan kemanusiaan itu merupakan inisiatif warganya. Pemerintah Turki tidak mengontrol kegiatan kelompok masyarakat sipil.

Gordon mencatat, Israel telah meringankan blokade Gaza sejak tahun lalu. Ia menambahkan, mereka yang ingin memberikan bantuan ke Gaza harus mencoba rute lain yang disetujui oleh pemerintah Israel.

Gordon menyesalkan insiden Mavi Marmara yang telah merusakan hubungan antara Turki dan Israel, dua sekutu dekat AS.

Turki mengatakan, Israel telah melanggar hukum internasional dengan menyerang sebuah kapal sipil di perairan internasional. Ankara menuntut agar Israel meminta maaf atas pembunuhan tehadap warganya. Israel berdalih, tentaranya hanya bertindak membela diri.

Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davuto?lu, menolak permintaan Amerika. Ia menegaskan, yang jadi masalah bukan armada bantuan Freedom Flotilla, tapi embargo atas Gaza.

“Turki negara demokratis. Kami tidak punya hak melarang aktivitas masyarakat sipil. Pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk melarang mereka,” tegasnya. (Mel/Today’s Zaman).

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *