Sunday, November 19, 2017
Beranda > Info DD > Antisipasi Dampak Letusan Sinabung, DMC DD Siagakan Relawan

Antisipasi Dampak Letusan Sinabung, DMC DD Siagakan Relawan

DMC DD MedanDDHK News, Sumut — Disaster Management Center Dompet Dhuafa (DMC DD) Medan menyiagakan relawan untuk mengantisipasi dampak letusan Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin (16/9).

“Saat ini, relawan yang sudah kami siagakan untuk antisipasi apabila Gunung Sinabung kembali meletus,” kata Koordinator SAR Penanganan Darurat Gunung Sinabung DMC Dompet Dhuafa, Sulaiman, Senin (16/9).

Dari pantauan Tim DMC Dompet Dhuafa Medan, mengutip dari pernyataan Kepala Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo, saat ini Gunung Sinabung masih terekam tremor, dan monitoring aktivitas gunung api terus diintensifkan. Status siaga Gunung Sinabung mulai diberlakukan sejak Ahad kemarin.

Jumlah pengungsian akibat letusan Gunung Sinabung sudah mencapai 3.710 orang. Mereka tersebar di lima lokasi penampungan. Pengungsi saat ini berada di Brastagi (650 jiwa), Sempakata (750 jiwa), Kabanjahe (1990 jiwa), dan Desa Payung (320 jiwa),

Meski aktivitas di Brastagi sudah kembali normal, masyarakat harus menggunakan masker untuk melindungi diri.“Masyarakat yang berada di Kota Berastagi terpaksa menggunakan masker penutup mulut agar terhindar dari penyakit batuk dan gangguan saluran pernapasan akibat dari debu vulkanik,” ucap Sulaiman.

Sinabung adalah gunung tertinggi di Sumatera Utara dengan ketinggian sekitar 2.600 meter dan Gunung Sibayak puncak tertinggi kedua dengan ketinggian 2.040 meter.

Kedua gunung tersebut adalah gunung berapi aktif . Keduanya adalah gunung berapi aktif yang masih tersisa di Sumatera Utara. Gunung Sinabung terletak di Kecamatan Simpang Empat, sedangkan Gunung Sibayak terletak di Kecamatan Berastagi. (dompetdhuafa.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *