Sunday, December 17, 2017
Beranda > Konsultasi Islam > Apa yang Dimaksud dengan Teman Sejati?

Apa yang Dimaksud dengan Teman Sejati?

Aswrb. Ustadz, apa yang dimaksud dengan teman sejati menurut Islam? Trims, Tadz, jzkklah. +628179283XXX

JAWAB: Ali bin Abi Tholib (ketika menjadi khalifah) ditanya: “Berapa banyak teman dekat Tuan?” Ali menjawab: “Saya tidak mengetahuinya sekarang karena saat ini dunia sedang berada di pihak saya. Semua orang (ingin menjadi) teman dekat saya. Saya baru tahu itu besok nanti pada saat dunia meninggalkan saya. Sebab sebaik-baiknya teman adalah orang yang mendekat kepada saya pada saat dunia meninggalkan saya”.

Menurut Ali bin Abi Thalib, teman sejati adalah teman yang makin mendekati kita saat kita dalam kesusahan.
Selain itu, teman sejati adalah teman yang senantiasa mengingatkan kita jika kita berbuat salah; ia mengingatkan kita agar selalu berada di jalan yang benar dan baik. Beberapa ulama generasi Salaf menyarankan kepada kita untuk bersahabat dengan orang-orang yang keadaannya bisa menunjukkan kita ke jalan Allah.

“Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabnya pada pagi dan petang hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharap perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti (berteman dengan) orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melampaui batas” (QS. Al-Kahfi: 28). Wallahu a’lam.*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *