Tuesday, November 21, 2017
Beranda > Indonesia > Arab Saudi Deportasi 1.922 WNI Overstay

Arab Saudi Deportasi 1.922 WNI Overstay

Direktorat Imigrasi Arab Saudi Urusan orang Asing melalui kantor Deportasi Jeddah telah memulangkan 1.922 WNI overstayer selama bulan Januari 2011.

Sebagian besar WNI yang overstayer ini, yang jumlahnya mencapai 1.213 orang dan telah dipulangkan adalah para Tenaga Kerja Indonesia. Sisanya adalah WNI yang masuk menggunakan visa umroh sebanyak 528 orang, dan 181 anak-anak dari para overstayer.  Demikian siaran pers yang diterima Kompas dari Konjen Indonesia di Jeddah, Sabtu (5/2) malam.

Data lebih rinci menyebutkan, TKI itu terdiri dari 267 orang laki-laki dan 946 orang wanita. Sedangkan WNI yang menggunakan visa umroh terdiri dari 413 wanita dan 115 laki-laki.

Pemulangan WNI overstayer ke depan diperkirakan akan terus meningkat, mengingat masih banyaknya WNI overstayer yang ada di Jeddah, Arab Saudi, termasuk WNI yang saat ini menempati kolong jembatan Kandarah yang terus berganti.

Proses pemulangan para overstayer tidak semudah seperti yang diperkirakan banyak orang. Misalnya, dengan menyediakan alat transportasi, lantas urusan langsung selesai.

Problem yang muncul, seringkali terkendala oleh kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang mewajibkan para overstayer menjalani proses imigrasi dan penerbitan exit permit. Sebelumnya pada Desember 2010, pihak Imigrasi Arab Saudi telah memulangkan sebanyak 959 WNI overstayer ke Indonesia. (KOMPAS).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *