Sunday, November 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Awal Puasa Ramadhan di Eropa Sabtu 28 Juni

Awal Puasa Ramadhan di Eropa Sabtu 28 Juni

panduan puasa ramadhan

ramadhan al-khairDDHK News,  Irlandia — Dewan Eropa untuk Fatwa dan Penelitian (ECFR – Eroupean Council for Fatwa and Research) menetapkan awal Ramadhan jatuh pada Sabtu 28 Juni 2014. Penetapan tersebut merupakan hasil perhitungan astronomi.

“Bulan Ramadhan akan lahir pada Jumat, 27 Juni 2014 pada waktu 08.08 GMT atau sama dengan 11.11 waktu Mekah,” ujar Dewan Eropa yang berbasis di Dublin seperti dikutip republika.co.id dari onislam.net.

Dikatakan, 28 Juni merupakan hari pertama ibadah puasa Ramadhan. Bulan baru tidak dapat terlihat di negara-negara Arab dan Asia kkarenakan bulan baru hanya dapat dilihat sesuai dengan kondisi yang dipakai oleh ECFR.

Metode yang disepakati pada konvensi ke-19 yang diselenggarakan di Istanbul pada 8-12 Rajab 1430 H. “Penampakan bulan baru juga dapat terlihat jelas di sebagian besar Amerika Latin, tetapi sangat minim dapat dilihat bahkan tidak mungkin dilihat di negara-neara Arab maupun Asia,” ujarnya.

Masyarakat Islam Amerika Utara (ISNA-Islamic Society of North America) juga menetapkan awal Ramadhan jatuh pada Sabtu 28 Juni di Amerika Utara. (ROL)

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *