Awal Ramadhan di Amerika 9 Juli

Ramadhan 2013Menurut perhitungan astronomi, awal bulan suci Ramadhan 2013 di kawasan Amerika Utara hari Selasa 9 Juli 2013. Dengan demikian, kaum Muslim di sana akan mulai puasa Ramadhan pada tanggal tersebut.

“Hari pertama Ramadhan adalah Selasa, 9 Juli, insya Allah,” ujar Dewan Fiqih Amerika Utara (FCNA) dalam sebuah pernyataan yang diperoleh OnIslam.net (5/6). “Shalat Tarawih Pertama akan dilakukan pada Senin malam.”

Mengutip FCNA, lembaga Muslim yang menaungi masyarakat Islam di Amerika Utara, Islamic Society of North America (ISNA), juga menegaskan, awal Ramadhan 9 Juli 2013.

“Masyarakat Islam Amerika Utara (ISNA) mengumumkan bahwa bulan suci Ramadhan akan dimulai di Amerika Utara pada Selasa, 9 Juli 2013,” kata ISNA dalam sebuah pernyataan.

FCNA juga mengumumkan, awal Idul Fitri, yang menandai akhir bulan Ramadhan, pada hari Kamis, 8 Agustus 2013. “Hari pertama bulan Syawal, yaitu Idul Fitri, Kamis, 8 Agustus, insya Allah.”

FCNA mengakui perhitungan astronomi sebagai metode Syariah yang dapat diterima untuk menentukan awal bulan lunar (hijriyah), termasuk bulan Ramadhan dan Syawal. (mel/onislam.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*