Tuesday, November 21, 2017
Beranda > Konsultasi Islam > Baca Al-Quran di HP Saat Haid, Boleh?

Baca Al-Quran di HP Saat Haid, Boleh?

quran (1)TANYA: Assalamualikum DEAR DD,, Mo tanya nich….. Bagaimana hukumnya, saat kita haid membaca Al Qur’an dgn tidak menyentuh mushafnya,, seperti mnggunakan Al Qur’an app yg ad di hp,,, boleh apa tidak ??? Sukron jazakumullh atas jawabanya.

JAWAB: Wa’alaikum salam wr wb. Boleh. Saat haid membaca Al-Quran dengan tidak menyentuh mushafnya, mubah (boleh).

Para ulama besar, seperti Imam Al-Bukhari, Ath-Thabarani, Dawud Adz-Dzahiri, Ibnu Hazm, dan lain-lain, memperbolehkan bagi wanita yang berhalangan (haid) untuk membaca Al-Qur’an secara umum, selama itu dilakukan dengan tanpa memegang kitab mushaf Al-Qur’an.

Membaca Al-Quran di HP tidak termasuk memegang mushaf karena HP bukan mushat, demikian juga aplikasinya. Yang dipegang HP, bukan mushaf Al-Quran.

Ulama ternama Arab Saudi, Syekh Bin Baz, pernah menjelaskan sebagai berikut:

“Boleh bagi wanita haid dan nifas untuk membaca Al-Quran menurut pendapat yang lebih shahih dari dua pendapat ulama, karena tidak ada dalil yang melarang, namun tidak boleh menyentuh mushhaf, dan boleh memegangnya dengan penghalang seperti kain yang bersih atau selainnya, dan boleh juga memegang kertas yang ada tulisan Al-Quran (dengan menggunakan penghalang) ketika diperlukan” (Fatawa Syeikh Bin Baz 24/344). Wallahu a’lam. (Tim Asatidz DDHK/ed/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*
DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “Baca Al-Quran di HP Saat Haid, Boleh?

  1. Assalamualaikum.Gimana kalau hp nya layar sentuh yg memungkinkan menyentuh lyar hp yg bertuliskan arab ?…

    Tetap diperbolehkan atau tidak ya ?
    syukron.

    wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *