Tuesday, November 21, 2017
Beranda > Dunia Islam > Bantu Dhuafa, Dokter Muslim Amerika Senang Bisa Amalkan Islam

Bantu Dhuafa, Dokter Muslim Amerika Senang Bisa Amalkan Islam

Muslim Free Clinic Success StorySeorang dokter Muslim Amerika Serikat mengaku senang bisa membantu kaum dhuafa dengan mendirikan klinik gratis. Sejak tahun lalu ia menyediakan bantuan medis gratis untuk orang Amerika yang rentan dan tidak diasuransikan di South Carolina.

Sang dokter, Dr. Reshma Khan, mengaku lega karena mimpinya melaksanakan ajaran Islam tentang keharusan membantu kaum miskin bisa terlaksana.

Reshma Khan, ginekologis di Ralph H. Johnson VA Medical Center, menegaskan, Islam mengajarkan agar umatnya membantu sesama, terutama kaum dhuafa. “Iman harus diiringi dengan tindakan nyata,” ujarnya.

Dr. Khan mendirikan klinik gratis di Mount Pleasant pada Januari 2012. Para dokter Muslim mendapat bantuan dari Islamic Circle of North America Relief USA guna membayar sewa tiga ruangan di gedung perkantoran di Boulevard Lowcountry.

Khan, 42 tahun, menjalankan klinik dengan sekitar 20 relawan dan perusahaan yang menyumbangkan pelayanan medis. Suaminya, Dr. Ahsan Khan, seorang spesialis kedokteran nuklir, juga membantunya.

Ini bukan pertama kalinya dokter Muslim memberikan bantuan pengobatan gratis bagi warga miskin Amerika.

Pada Januari lalu, sekelompok relawan dokter Muslim membuka Klinik Kesehatan Rahma untuk menyediakan layanan kesehatan gratis bagi warga miskin di New York.

Tahun lalu, sebuah klinik gratis juga didirikan oleh Asosiasi Dokter Keturunan Pakistan Amerika Utara di Masjid Balal di kampus St. Louis University. Klinik lain dibuka oleh Yayasan Islam Greater St. Louis bulan Oktober.

Sebagian besar pasien klinik gratis itu warga non-Muslim. Sekitar setengah pasien, hampir 300 orang, pengangguran. Sisanya, sekitar, 46 persen, bekerja tapi tidak memiliki asuransi kesehatan. (mel/onislam.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *