Saturday, August 19, 2017
Beranda > Featured > Beberapa Faedah Ibadah Haji

Beberapa Faedah Ibadah Haji

faedah ibadah hajiDDHK News – Jakarta — Ibadah Haji merupakan rukun islam yang kelima dan wajib dilaksanakan bila sudah memenuhi kemampuannya. Bukan tanpa alasan Allah menyuruh kita berhaji. Berikut beberapa faedah Ibadah Haji.

Pertama, Ibadah haji merupakan ibadah yang paling besar dan sesuai dengan tujuan manusia diciptakan Allah SWT (QS. 51:56).  Kategori Ibadah yang paling besar, karena seseorang tidak hanya dituntut kesiapan secara materi saja, akan tetapi secara fisik dan psikis pun dituntut kesiapannya. Tidak diragukan lagi bahwa dalam ibadah haji, terkumpul semua aspek ibadah; badaniyah (fisik), maliyah (financial) dan qalbiyah (hati/mental), serta tidak terdapat dalam ibadah yang lainnya.

Kedua, Ibadah haji merupakan konferensi kaum muslimin sedunia, untuk saling mengenal antara yang satu dengan yang lainnya, ajang pertemuan berbagai bangsa, bahasa, warna kulit dan social budaya yang sangat dimungkinkan terjadinya pertukaran informasi, ekonomi, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.

Ketiga, Ibadah haji merupakan wahana untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan kaum muslimin, “Sesungguhnya umat kalian itu adalah umat yang satu”.(QS. 21:92). Secara simbolis ibadah haji menunjukan bahwa kaum muslimin itu adalah umat yang satu, menyembah kepada Allah yang satu / esa, mengikuti / mencontoh nabi yang satu, membaca Al Qur’an yang satu, menghadap ke kiblat yang satu,  bertowaf di Baitullah yang satu, berkumpul / wukuf di tempat yang satu dan lain sebagainya, yang semua akan lebih menguatkan Al Ukhuwah Al Islamiyah. “Sesungguhnya orang-orang muslim itu bersaudara”. (QS. 49:10).

Keempat, Ibadah haji memberikan kesadaran tentang kesetaraan dan keadilan dalam hak dan kewajiban diantara kaum muslimin, hal ini ditunjukkan dengan tidak dibeda-bedakannya tata cara manasik haji, berihram dll. antara yang kaya dengan yang miskin, yang ONH biasa dengan yang Plus, tetapi manusia atau kaum muslimin itu akan dibedakan dengan tingkat ketaqwaannya. “Sesungguhnya orang yang paling mulia dari kalian disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa”. (QS. 49:13).

Kelima, Ibadah haji banyak mengingatkan kepada kita tentang perjalanan manusia ke negri abadi (akhirat). Ibadah haji merupakan rihlah ruhiyah/pejalanan ruhani yang merupakan miniatur dari perjalanan sesungguhnya yang semua manusia pasti akan melaluinya, yaitu perjalanan akhirat. Perjalanan haji ini mengandung filosopi perjalanan manusia di akhirat kelak. (H Ahmad Fauzi Qosim/ddtravel.co.id)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *