Wednesday, August 15, 2018
Beranda > Info DD > Bidadari Fajar, Taushiyah ala Shelter Iqro DDHK

Bidadari Fajar, Taushiyah ala Shelter Iqro DDHK

bidadari fajar ddhk

bidadari fajar ddhkDDHK News, Hong Kong — Jarum jam menunjukkan pukul 04.55 WHK (Waktu Hong Kong). Satu per satu perantau Indonesia (Buruh Migran Indonesia), mengenakan mukena dan membawa sajadah, memasuki ruangan tidak terlalu luas, sekitar 3×3 meter per segi. Di barisan depan sudah duduk khusyu’, usai melaksanakan shalat sunah qobla Subuh, Ustadz Abdul Ghofur, General Manager Dompet Dhuafa Hong Kong yang juga tuan rumah. Duduk di sampingnya ustadz dari Al-Azhar Jakarta, Ust. Qodrat SQ.

Sekitar lima menit kemudian, ruangan tampak penuh sesak. Perantau Indonesia yang menjadi penghuni Shelter Iqro (tempat penampungan yang disediakan DDHK). Mereka bukan saya BMI yang bermasalah, tapi juga relawan DDHK dan BMI yang “stay out” (tinggal di luar rumah majikan).

Saking penuhnya jamaah shalat, sajadah buat imam pun harus didorong masuk pintu kamar. Iqomah dilantunkan. Shalat Subuh berjamaah pun dimulai. Usai berdoa dan dzikir, jamaah duduk melingkar, berbaris rapi, sambil tetap berdesakan.

Salah seorang jamaah menyalakan laptop, demikian pula Ust. Ghofur dan Qodrat. Koneksi internet dilakukan, lalu login ke Skype dan koneksi ke Radio Perantau Indonsia (RPI). Acara ceramah atau taushiyah Subuh dimulai. Mereka menyebutnya “Bidadari Fajar”. Disiarkan langsung RPI dan dipantau “operator” dari Jakarta, Mr. Balisdjadi (Bambang S. Soedjadi) dan Kang Iwe (Iwan Hanafiah). Setelah MC membuka acara, taushiyah pun disampaikan Ustadz Qodrat.

Bidadari Fajar berlangsung tiap hari Senin s.d. Sabtu. Program ini merupakan bagian dari kiprah DD Hong Kong dalam syiar dakwah kepada para perantau, khususnya yang ada di Shelter Iqro dan umumnya perantau di Hong Kong. Selama Ramadhan, acara Bidadari Fajar lebih berwaran karena beragamnya ustadz dan ustadzah yang menjadi pemateri. Tim asatidz yang diundang DDHK dan KJRI Hong Kong itu antara lain Ust. M. Qodrat, Ust. Izzuddin Abdul Manaf, Ust. Imung, Ust. Hasbiyallah, Ustadzah Anggraini Husin, Zahrina Nurabiti, dan Eva Muzlifah.

Program Bidadari Fajar berdurasi sekitar 60 menit plus tanya-jawab. Karena disiarkan RPI, tentu saja acara siraman rohani ini juga dinikmati oleh perantau lainnya di luar Shelter Iqro, bahkan di seluruh dunia melalui radio streaming. Barakallah. Wasalam (Mel/DDHK News).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

0 thoughts on “Bidadari Fajar, Taushiyah ala Shelter Iqro DDHK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *