Friday, December 15, 2017
Beranda > Hong Kong > BISA Pusat Kreativitas dan Kewirausahaan BMI

BISA Pusat Kreativitas dan Kewirausahaan BMI

Be Indonesian Smart and Active (BISA) merupakan pusat kreativitas dan kewirausahaan mandiri. BISA ingin menjadikan Buruh Migran Indonesia (BMI) di Hong Kong sebagai warga kelas dunia dengan cara mendidik dari segi pola pikir dan kesantunan.

Demikian dikemukakan pelopor BISA, Ir. Fachrul Muchsen alias Arul Arista,  dalam perbincangan dengan reporter DDHK News, Sabtu (23/7). Dikatakannya, ada empat subjek yang menjadi acuannya, yaitu Indonesia Bangga (nasionalisme), Indonesia Kreatif (kewirausahaan), dan Indonesia Berkarakter (keperibadian universal).

“Indonesia Menulis Diary karena seluruh catatan hidup BMI menarik untuk dibagikan kepada orang lain sehingga bukan hanya sebagai pahlawan devisa, membantu keluarganya, lingkungannya, tapi juga menjadi contoh untuk hampung halamannya,” kata Arul. “Indonesia Berkarakter berarti BMI harus punya keperibadian yang sifatnya universal.”

Dikemukakannya, pendiri BISA ada tiga, yaitu dirinya sendiri, Ir.Fajar (Bintang Nusantara), dan Ir. Andriansyah (pengusaha dari Bandung). “BMI harus bisa menempatkan diri dengan kesantunan yang punya skill, contohnya memiliki kemampuan tiga bahasa,” jelasnya.

BISA membuka Regular Class yang mengajarkan tentang Personality Value dan Great Communication dengan tujuan menstimulir rasa percaya diri, bisa menatap mata lawan bicara tanpa perasaan minder,  bisa speak up dan menjawab tiap pertanyaan dengan jelas dan artikulasi yang berwibawa, punya kepribadian yang menyenangkan dengan artikulasi komunikasi yang baik dan benar, serta mampu berkomunikasi lancar tanpa terbata-bata.

Arul menambahkan, tanpa sharing, speak up, dan solution, BISA Card tidak punya arti apa-apa. “BISA Card akan ditarik kembali oleh pengurus BISA bila si pemilik tidak bisa memenuhi tiga karakter tersebut —sharing, speak up, dan solution,” pungkasnya. (Tati Tia Surati/Hong Kong).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “BISA Pusat Kreativitas dan Kewirausahaan BMI

  1. Asslam…wb.
    Saudaraku Seiman dan seagama( Ir. Fajar dan Ir. Andriyansyah) yang selalu dirahmati Allah SWT, mulia betul kerja kalian semoga Allah selalu memberkahi kerja kalian. Perkenalkan saya :
    nama : H DJAMASRI, Alamat : jl. Palem 7 no. 28 Petukangan, jakarta selatan 12260
    Pekerj : Agen Perjalanan Ummroh dan Haji Plus, dengan ini kami bermaksud mau ajak kerjasama buka agen perjanan ummroh dan Haji Plus(pt. Arminareka perdana) berdiri 1990. adapun lebih lengkapnya penjelasan hal tersebut alangkah baiknya kalau kami kirim broessurnya. kan tetapi kami belum tahu kemana kami kirim(mhn alamatnya) kami tawarkan solusi salaing menguntungkan.
    Terima kasih atas kerelaan waktunya untuk menjawab permintaan kami ini, semoga Allah selalu merahmati kita semua, amin
    Wassalam..wb.
    Jakart, H Djamasri,sm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *