Monday, October 23, 2017
Beranda > Hong Kong > Dakwah Unik Ala Himpunan Muslimah Tazakka Hong Kong

Dakwah Unik Ala Himpunan Muslimah Tazakka Hong Kong

Banyak jalan menuju kebaikan dan cara bagaimana mengisi hari libur dengan hal positif, seperti dikemukakan Ketua Himpunan Muslimah Tazakka (HMT) Hong Kong, Siti Mu’arofah.

“Kami resmi berdiri tahun 2009 dan peroprasi atau melakukan kegiatan di sekitar Kowloon Park dan Masjid Tsim TsaTsui. Kami bukan sebuah organisasi, melainkan hanya sekumpulan relawan yang memanfaatkan waktu libur untuk membantu kinerja oraganisasi muslim di HK, menggalang dana, penjualan majalah dan buku Islami, pengumpulan zakat, membagikan brosur pengajian, ikut mengajar iqro dan tajwid, dan lainya,” jelas Siti.

“Oleh karena kami bukan sebuah organisasi, maka anggota yang sekarang sekitar 30 orang, tidak terikat aturan pertemuan dan jadwal kegitan. Mereka bebas bergabung dengan organisasi mana pun. Intinya, kami ingin menjadi hamba-hamba yang meluangkan waktu untuk kepentingan agama,” jelasnya.

Aktivitas dakwah HMT menyebar di mana saja, tidak di satu tempat. Mereka bisa mengajar ngaji dan taushiyah di tangga mesjid, mengajar BMI yang lagi “dapat halangan” dan tidak bisa masuk aula mesjid.

Selama Ramadhan biasanya kegiatan mereka membangunkan BMI untuk sahur dengan SMS taushiah penuh spirit.

Untuk kegiatan mingguan, HMT menyebarkan media dakwah berupa CD, majalah, Al-Qur’an, dan buku agama. Selain itu, HMT menerima zakat dan dana yang terkumpulkan disalurkan ke pesantren Himmatul Aliyah, Depok, pimpinan Ustadz Muhammad Natta, juga disalurkan ke Pesantren Ma’hat Ta’wilun Ummah pimpinan Ustadz Ismail Prawira Kusuma (tunanetra yang hafal Al-Qur’an) yang memiliki anak didik yatim dan dhuafa sekitar 200 orang dengan usia termuda dua tahun.

“Untuk kendala mungkin masalah waktu saja. Karena kita hanya libur seminggu sekali. harapan kami, agar tumbuh kesadaran di kalangan BMI bahwa sebagian dari harta kita merupakan hak orang lain, yaitu kaum dhuafa, yang sangat membutuhkan uluran tangan kita, selebihnya mari jadikan zakat sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah yang sudah memberikan kelancaran rezeki,” pungkasnya.

HMT dapat dikontak melalui hotline 96001779 (Siti) dan 67099062 (Ira). (Anita Sri Rahayu/Hong Kong).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *