Tram & MTR

Tram

Kereta Tram bertingkat (para peranrau Indonesia menyebutnya “Teng Teng”) beroperasi sepanjang jalur utara pulau Hong Kong.

Rute terpanjang mulai dari Western Market sampai Shau Kei Wan.

Tram juga memilkilima rute lain yang beroperasi yakni: antara Shau Kei Wan dan Happy Valley; North Point dan Whitty Street; Happy Valley dan Kennedy Town; Causeway Bay dan Kennedy Town; dan sebuah rute pendek antara Western Market dan Kennedy Town.

Ongkos sekali jalan untuk setiap orang berusia 12 tahun keatas adalah $2.0, sedangkan ongkos $1.0 diperuntukkan untuk anak-anak berusia 12 tahun ke bawah dan orang tua berusia 65 tahun keatas.  Tidak ada uang kembali maka dari itu siapkan uang pas.  Atau lakukan pembayaran dengan menggunakan kartu Octopus.

Tergantung rute yang dijalani, umumnya layanan tram dilakukan dari jam 5:00 pagi sampai 12:00 tengah malam setiap hari. Jika ada pertanyaan hubungi:      2548-7102.

MTR

MTR atau Mass Transit Railway (??) adalah sistem transit cepat utama di Hong Kong. Sejak dimulainya pelayanan MTR yang dibuka pada 1979, jaringan ini telah berkembang mencakup tujuh jalur dan 150 stasiun sepanjang 211 km. Dioperasikan oleh MTR Corporation Limited, sistem MTR merupakan transportasi publik yang sangat populer di Hong Kong, dengan rata-rata penumpang 2,45 juta perjalanan tercatat setiap harinya.

MTR Corporation Limited mengoperasikan MTR yang terpusat di daerah padat perkotaan, New Territories dan pulau Lantau, termasuk juga menghubungkan dengan jalur cepat ke Hong Kong International Airport.

Melalui MTR juga menghubungkan jalur kereta api ke Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Zhaoqing dan Cina Daratan.

Jalur yang ada meliputi Jalur Kwun Tong, Jalur Tsuen Wan, Jalur Hong Kong,  Jalur Tseung Kwan O, Jalur Tung Chung, Jalur Disneyland Resort, Jalur KeretaApi Timur, Jalur Ma On Shan dan Jalur Kereta Api Barat.  Kereta Api akan beroperasi setiap 2-12 menit selama jam sibuk dan setia 4-14 menit di waktu normal dari pukul 5:30 pagi sampai 1:30 malam setiap hari.  Sebagai tambahan, sitem MTR meliputi Jalur ekspres Airport termasuk Jalur Kereta Ringan.

Jalur Ekspres Airpor melayani mulai jam 5:50 pagi sampai 1:15 pagi setiap 12 menit. Sedangkan Jalur Kereta Ringan beroperasi mulai jam 5:10 pagi sampai ajm 1:20 pagi dan tram berjalan setiap 4-15 menit selama jam sibuk.

Jalur Kwun Tong, Jalur Tsuen Wan, Jalur Hong Kong dan Jalur Tseung Kwan O beroperasi di daerah padat penduduk.  Jalur Tung Chung menghubungkan kota baru Tung Chung di pulau Lantau ke Central melalui Kowloon barat.

Jalur Disneyland Resort dibangun tujuannya untuk memudahkan masyarakat mengunjungi Hong Kong Disneyland.  Penumpang bisa berganti kereta di stasiun Sunny Bay dari jalur Tung Chung ke stasiun Disneyland Resort di taman Disneyland.

Jalur kereta api timur dibangun untuk memudahkan melayani para penumpang MTR di daerah timur laut New Territories.  Para penumpang bisa ganti jalur dengan jalur Kwun Tong di stasiun Kowloon Tong, Jalur Tsuen Wan di stasiun East Tsim Sha Tsui dan jalur Ma On Shan di stasiun Tai Wai.

Jalur Ma On Shan mulai dari stasiun Tai Wai yang juga bagian dari jalur kereta api timur dan menuju ke Ma On Shan melalui Sha Tin timur.  Jalur kereta api barat menyediakan layanan antara wilayah barat laut New Territories dan kawasan urban Kowloon.  Para penumpang bisa berganti dengan jalur Tung Chung di stasiun Nam Cheong, jalur Tsuen Wan di stasiun Mei Foo dan jalur kereta ringan di stasiun Yuen Long, Tin Shui Wai, Siu Hong dan Tuen Mun.

MTR Airport Express

Jalur ekspres airport melayani para penumpang yang datang dan pergi antara terminal penumpang di airport dan di jantung kota Central, melewati stasiun Tsing Yi dan Kowloon.  Jalur ini sekarang sudah diperpanjang sampai ke stasiun AsiaWorld-Expo untuk melayani penumpang menuju pusat international Exhibition Centre di dekat airport.

Jalur kereta ringan menghubungkan kota-kota baru di kawasan barat laut New Territories, yakni Tuen Mun, Tin Shui Wai dan Yuen Long.  Jalur ini juga berhubungan dengan jalur kereta barat yang bisa sampai ke Kowloon barat.

MTR juga memiliki pelayanan penumpang antarkota antara Hong Kong dan Cina Daratan dengan tujuan tiga kota melalui kereta api tujuan ke Beijing, Shanghai, dan Guangzhou / Zhaoqing.  Saat ini ada dua belas kali kereta api pulang pergi setiap hari antara Hung Hom dan Guangzhou East setiap hari.

Beijing-Kowloon dengan naik kereta api dan Shanghai-Kowloon dengan naik kereta api beroperasi pada hari hari yang ditentukan dengan lama perjalanan kira-kira 20 dan 24 jam. Informasi selengkapnya silakan hubungi:  2881-8888

Saran:
Jenis pembayaran tiket yang paling nyaman dan mudah digunakan adalah dengan kartu yang dinamakan “Octopus”, yang mana ini adalah kartu yang nilainya bisa diisi ulang untuk berbagai perjalanan dengan MTR, semua rute bus resmi dan sebagian besar rute Ferry.

Ketika nilai yang terdapat didalam kartu habis maka anda bisa mengisi ulang kartu anda di mesin penambah nilai / Customer Service Centre di berbagai stasiun kereta api MTR atau toko 7-11.

Tempat proses Octopus bisa digunakan untuk memeriksa nilai yang terdapat di dalam kartu Octopus Anda.

Untuk jalur kereta ringan, harap dicatat bahwa  setiap kali setelah Anda memiliki tiket kereta sekali jalan atau mengaktifkan kartu Octopus Anda maka Anda bisa naik kereta langsung tanpa harus melalui pintu gerbang atau pintu khusus.  Namun, sistem pembayaran yang “mudah” ini biasanya didukung dengan adanya pemeriksaan secara tiba-tiba disatu tempat yang dilakukan petugas berwenang.

– Sumber: cmab.gov.hk

One thought on “Tram & MTR

  1. Assalamualaikum..
    admin mau tanya dong,bedanya Tourist Day Pass dan Octopus ?? terus kalo sistem pembayarannya lebih murah dan muda yang mana?? saya mau wisata ke tempat2 yang berbeda dan pindah2 stasiun dalam satu hari. nah.. kartu yang mana yang murah dan mudah digunakan??
    makasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *