Tuesday, November 21, 2017
Beranda > Dunia Islam > Demonstrasi Juga Guncang Bahrain, Dua Tewas

Demonstrasi Juga Guncang Bahrain, Dua Tewas

DDHK News — Aksi demonstrasi mengguncang Bahrain. Pasukan keamanan menembak mati dua demonstran saat pemakaman seorang demonstran pro-demokrasi yang meninggal akibat luka parah yang dideritanya, sehari setelah unjuk rasa “Hari Kemarahan” di Manama (14/2).

Press TV melaporkan, dua demonstran itu ditembak tewas di luar sebuah rumah sakit di Manama, tempat penyimpanan jenazah demonstrator yang meninggal kemarin. Pengunjuk rasa berusia 22 tahun itu meninggal terkena tembakan peluru di punggungnya.

Berita kematian demonstran itu membuat para aktivis Bahrain lebih gencar menyebarkan seruan partisipasi seluruh warga negara ini untuk meningkatkan protes pro-demokrasi.

Polisi bentrok dengan para pengunjuk rasa saat mencoba membubarkan massa yang berdemo saat proses pemakaman.

Aksi protes terjadi di sejumlah distrik yang mayoritas warganya berwarga Syiah, termasuk Darraz dan Sanabis di sebelah barat Manama, Sitra di timur ibukota, dan Jed Hafsh di sebelah utara, serta kawasan bersejarah Balad al-Qadim di pada pusat kota.

Aparat keamanan dan polisi anti-huru-hara dikerahkan di jalan-jalan utama menuju ibukota untuk mencegah berkumpulnya demonstran yang telah diminta untuk berpartisipasi.

Mayoritas warga Syiah Bahrain berada di bawah kekuasaan keluarga Raja Sunni Syeikh Hamd bin Isa al-Khalifa. Sejumlah jabatan kementerian kunci di Bahrain juga hanya dijabat oleh pejabat Sunni.

Mayoritas penduduk Syiah Bahrain mengeluhkan diskriminasi dan penindasan oleh pemerintah.

Penumpasan segala bentuk penentangan oleh pemerintah telah diberlakukan sejak pemilu kontroversial Bahrain pada bulan Agustus tahun lalu.

Dalam situs Kementerian Dalam Negeri Bahrain, Mendagri Letnan Jenderal Shaikh Rashid bin Abdullah Al Khalifa mengucapkan bela sungkawa dan simpati pada keluarga Mushaima.

Mendagri juga berjanji akan melakukan investigasi mencari tahu mengapa senjata api digunakan melawan para demonstran. (IRIB/Radio Nederland).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *