Sunday, August 19, 2018
Beranda > Indonesia > DMC DD Bantu Korban Letusan Gunung Rokatenda NTT

DMC DD Bantu Korban Letusan Gunung Rokatenda NTT

rokatenda

rokatendaTim Disaster Management Center Dompet Dhuafa (DMC DD) menyalurkan bantuan bagi korban letusan Gunung Rokatenda, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Saat ini ribuan penduduk Pulau Palue, Kabupaten Sikka, NTT, masih bertahan di pengungsian. Gunung Rokatenda meletus akhir Maret lalu. Sebagian warga sudah menempati pengungsian sejak enam bulan lalu karena letusan akhir tahun 2012.

“Akibat letusan Gunung Rokatenda, 2.725 penduduk Pulau Palue mengungsi ke daratan Pulau Flores, Kabupaten Sikka (1.629 jiwa) dan Ende (1127 Jiwa). Sementaranya sisanya masih bertahan di Pulau Palue,” jelas Manager Respon DMC Dompet Dhuafa, Asep Beny, Jumat (5/4), seperti dikutip situs resmi DD Pusat, www.dompetdhuafa.org.

Kebanyakan pengungsi menempati rumah kerabat dan warga yang ada di Enda dan Sikka. Hanya 34 KK yang tinggal di Posko Pengungsian Gedung Transito Kabupaten Sikka. Tim DMC Dompet Dhuafa berhasil memasuki Desa Lidi yang merupakan kawasan ring 1 gunung Rokatenda. Sebagian besarnya sudah mengungsi, dan hanya 50 KK yang masih bertahan di desa itu.

“Tidak banyak data yang bisa kami explore di desa Lidi, mengingat medan yang lumayan berat dan gelap. Bantuan berupa beras, air mineral, mie instant, dan susu yang kami bawa, kami bagi ke dua dusun di wilayah Lidi, yaitu Poro dan Langliwu,” jelas Asep.

Asep menerangkan, tidak air bersih di daerah tersebut, masyarakat hanya mengandalkan air hujan yang turun sewaktu-waktu. Namun semenjak letusan Rokatenda, bak-bak penampungan menjadi rusak, dan pasokan air diandalkan dari daratan Flores seperti Ende dan Maumere.

Asep menceritakan, penyaluran logistik bagi para pengungsi masih menjadi kendala mengingat medan yang cukup berat. Pengungsi tersebar di berbagai desa dan pulau yang dapat dijangkau hanya dengan kapal motor dan medan terjal di daratan.

“Selain kebutuhan logistik dan air bersih, warga Palue juga butuh jaringan dan instalasi komunikasi berbasis radio komunikasi (HT) untuk mendistribusikan informasi perkembangan gunung rokatenda ke setiap desa,” pungkas Asep. (*)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *