Saturday, August 19, 2017
Beranda > Featured > Dompet Dhuafa Adakan Penyuluhan HIV/AIDS di Papua

Dompet Dhuafa Adakan Penyuluhan HIV/AIDS di Papua

dompet-dhuafa-adakan-penyuluhan-hiv-aids-di-papua

dompet-dhuafa-adakan-penyuluhan-hiv-aids-di-papuaDDHK News, Indonesia — Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa (DD) mengadakan Aksi Layanan Sehat dan Penyuluhan di Kabupaten Keerom dan Distrik Muara Tami, Papua, 28-29 September 2013, berupa pengobatan gratis dan penyuluhan tentang penyakit HIV/AIDS.

Angka penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) di Papua masih tinggi. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Papua, hingga 31 Desember 2012, jumlah pengidap HIV/AIDS di wilayah paling Timur Indonesia ini telah mencapai 13.276 kasus.

Selain penyuluhan, Tim DD juga melakukan tes VCT untuk mengetahui apakah seseorang terkena HIV/AIDS atau tidak. Hasilnya, 2 dari 8 orang di Distrik Muara Tami yang memiliki kesadaran untuk dites dinyatakan positif menderita HIV.

Dalam penyuluhan dijelaskan tentang HIV/AIDS, penyebabnya, pengobatannya, dan cara pencegahannya. Dompet Dhuafa tidak sekedar mengkampanyekan safe sex, namun juga menekankan pentingnya legal sex –seks yang dilakukan pasca pernikahan.

“Hal ini selain untuk menghindari hubungan seks yang berisiko, juga bertujuan untuk menjaga moral masyarakat agar tidak melakukan hubungan seks dengan orang yang bukan menjadi pasangan sahnya,” ungkap Satria, tim Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa.

Satria menuturkan, kegiatan ini berjalan atas kerjasama Dompet Dhuafa dengan lembaga sosial seperti Aisyiah, PKBI Kota Jayapura, Komunitas Peduli TB dan Dinas Kesehatan setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom, Yohana Yanteo menilai program penyuluhan sangat membantu pemerintah dalam menangani masalah kesehatan. “Saya sangat berterima kasih atas kedatangan Dompet Dhuafa untuk melaksanakan pengobatan gratis dan penyuluhan ini. Saya berharap, kegiatan seperti ini tidak berlangsung di sini dan sekali saja, namun juga di wilayah Papua lainnya,” ujarnya.

Satria menjelaskan, kegiatan di Papua ini merupakan awalan dan penanda bahwa Dompet Dhuafa akan serius menangani masalah kesehatan di Papua. “Dalam waktu dekat, DD berencana untuk membangun Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) di Papua,” pungkasnya. (mel/dompetdhuafa.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *