Saturday, November 18, 2017
Beranda > Featured > Dompet Dhuafa Ajak Publik Peduli Korban Asap

Dompet Dhuafa Ajak Publik Peduli Korban Asap

dd-berbagi-masker

Jakarta – Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa mengajak publik peduli terhadap korban bencana asap, yang terjadi di beberapa kawasan Indonesia, seperti Sumatera dan Kalimantan.

Bencana akibat kebakaran hutan ini telah berlangsung hampir tiga bulan terakhir ini. “Kami mengajak publik untuk bersama-sama membantu para warga yang terdampak asap ini,” ujar Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini seperti dilansir dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Selasa (6/10).

Ahmad menambahkan, “Insya Allah, penggalangan donasi, kami buka selama satu bulan. Target donasi yang kami himpun dalam bencana kabut asap ini sebesar Rp 10 miliar.”

Tahun ini, kabut asap menyelimuti 80 persen wilayah Sumatera. Setidaknya, sebanyak 25,6 juta jiwa terpapar asap, yaitu 22,6 juta jiwa di Sumatera dan 3 juta jiwa di Kalimantan.

Menurut Ahmad, donasi yang terkumpul tersebut akan digulirkan untuk program kesehatan danhomeschooling siswa SD di wilayah terdampak.

Sebelumnya, kata Ahmad, penggalangan donasi Melawan Asap telah dibuka sejak 20 September lalu dan telah terkumpul ratusan juta rupiah dari para donatur.

Sebanyak 55.792 masker telah disebar kepada masyarakat di Palembang, Pekanbaru, Padang, Jambi, Medan, dan Pontianak yang terdampak bencana asap.

“Kami juga telah membuka layanan kesehatan bagi warga yang terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut),” ujar Ahmad.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 4 Oktober 2015, sebanyak 222.984 orang terkena ISPA di Sumatera dan Kalimantan. Sumatera Selatan merupakan wilayah terbanyak penderita ISPA yaitu 74.589 orang.

Adapun untuk program homeschooling, rencananya dimulai pada pekan kedua Oktober. Program itu akan bergulir di tiga lokasi di Riau, yakni Pekanbaru, Kampar, dan Pelelawan.

Program tersebut dihadirkan untuk membantu anak-anak mengejar ketertinggalan materi di setiap mata pelajaran. Sebab, banyak sekolah diliburkan lantaran kabut asap yang menyelimuti daerah mereka.

Nantinya, para relawan guru akan mendatangi ke rumah-rumah untuk memberikan berbagai materi. “Kami punya relawan-relawan guru yang sudah terlatih di wilayah daerah bencana. Dengan konsep datang ke setiap rumah, Insya Allah program homeschooling ini akan segera kami realisasikan,” ujar Ahmad.

 

Sumber : http://www.beritasatu.com/nasional/312298-dompet-dhuafa-ajak-publik-peduli-korban-asap.html

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *