Saturday, August 19, 2017
Beranda > Featured > Dompet Dhuafa Bantu Kekeringan di Cibarusah

Dompet Dhuafa Bantu Kekeringan di Cibarusah

Dompet Dhuafa Bantu Kekeringan di CibarusahDDHK News – Jakarta — Kali ini lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa merespon bencana kekeringan yang tengah melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Salah satunya, Dompet Dhuafa merespon bencana kekeringan di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi sejak Rabu- Jumat (31/7).

Sebelumnya, tim melakukan survei guna melihat langsung kondisi di kawasan tersebut. Tim pun memilih lokasi masjid sebagai tempat distribusi air lantaran di masjid menjadi pusat publik warga setempat.

“Tim telah melakukan dropping 67.400 liter air bersih di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Sebanyak 580 kepala keluarga menjadi pemetik manfaat,” ungkap Direktur Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, Asep Beny, seperti terungkap dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/7) di Jakarta.

Di Kecamatan Cibarusah, berbagai dampak pun dirasakan atas kekeringan yang melanda. Masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani mengalami gagal panen.

“Gagal panen yang ada di Desa Ridogalih cukup banyak, separuhnya yang gagal panen. Yang lainnya bisa panen tapi hasilnya tidak begitu bagus. Banyak padi yang kosong. Orang tua saya petani. Selama hampir tiga bulan ini orang tua saya tidak ada aktivitas sama sekali karena sawah kering,” ujar salah satu warga Desa Ridogalih, Abdul Aziz (25).

Lebih lanjut Abdul menuturkan, kekeringan di desanya berlangsung sejak tiga bulan lalu. Sungai di desanya menjadi berlumut mengakibatkan kualitas air yang buruk. Mereka menggali sumur di sekitar sungai untuk keperluan mandi dan cuci.

“Kalau sumurnya kering, kami buat sumur lain. Untuk keperluan air minum dan memasak, kami beli dari warung. Sekarang pun persediannya berkurang. Saat seperti ini kami beli air di tempat yang agak jauh sekitar empat kilometer,” katanya. (rri.co.id)

 

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *