Monday, June 18, 2018
Beranda > Featured > Dompet Dhuafa Bentuk Forum Kader Lokal

Dompet Dhuafa Bentuk Forum Kader Lokal

forum kader lokal dompet dhuafa

forum kader lokal dompet dhuafaDDHK News, Indonesia — Dompet Dhuafa (DD) membentuk Forum Kader Lokal DD yang terdiri dari kader lokal Masyarakat Mandiri, Kampoeng Ternak Nusantara, Pertanian Sehat Indonesia, dan Social Trus Fund, Selasa (17/12) dalam Pelatihan Kader Lembaga Lokal 2013 di Bogor.

Pembentukan forum berupa jaringan koperasi ini bertujuan menumbuhkan jaringan dan pengembangan usaha melalui sinergi antarkelembagaan lokal. Hadirnya forum juga akan memudahkan koordinasi dan pengawasan Dompet Dhuafa sebagai inisiator.

“(Forum ini) sarana saling berbagi inspirasi antarsesama lembaga untuk bisa lebih maju. Lebih dari itu, melalui forum dan pelatihan ini untuk mengoptimalkan informasi dan komunikasi serta konsolidasi dalam peningkatan kapasitas kader untuk menjalankan fungsinya,” jelas Tektano Grandyanto Dwi Satrio, General Manager Pengembangan Ekonomi DD.

Menurut Tendi –sapaan akrab Tektano, pelatihan kader lembaga lokal dilatarbelakangi kepedulian DD agar menjaga aset program baik yang masih dibina maupun telah lepas (exit program).

Pada perjalanannya, dinamika organisasi lembaga lokal tersebut, terutama yang telah exit program sering menghadirkan kondisi stagnasi, bahkan tidak sedikit yang mengalami kevakuman baik struktur maupun aktivitas. Hal ini ditengarai lantaran rendahnya komitmen, partisipasi aktif, kepedulian para anggota dan terbatasnya komunikasi serta koordinasi yang diyakini sebagai bagian mekanisme pengawasan dari Dompet Dhuafa.

“Oleh karenanya, mereka harus tetap dibina, difasilitasi serta dikembangkan sehingga menjadi sebuah lembaga yang mandiri, bermanfaat serta diakui eksistensinya di tengah masyarakat,” ungkap Tendi.

Pembekalan Parni Hadi

Sebanyak 36 kader lokal Dompet Dhuafa dari seluruh Indonesia mendapatkan berbagai materi dalam pelatihan yang digelar 15-17 Desember 2013. Salah satu pembicara yang mengisi materi adalah Parni Hadi, Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa.

Saat mengisi materi Prophetic Leadership, Selasa (17/12), Parni Hadi mengingatkan untuk mengawali sesuatu dengan niat ibadah. Dengan begitu, apa pun aktivitas yang dikerjakan akan memiliki nilai ibadah.

“Kita pun harus hati-hati dengan pikiran. Pikiran kita harus positif dan optimis. Pikiran akan berlanjut ke perkataan kemudian perbuatan. Perbuatan menjadi kebiasaan. Kebiasaan menjadi karakter. Dan karakter menjadi nasib,” jelas Parni.

Parni pun mengingatkan agar para kader lokal saling bersinergi dan mengisi sesama. Berbagai program yang ada dapat diintegrasikan sehingga cita-cita usaha yang maju dapat terwujud. (dompetdhuafa.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *