Sunday, November 19, 2017
Beranda > Info DD > Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan ke Suriah

Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan ke Suriah

bantuan dompet dhuafa ke suriah

bantuan dompet dhuafa ke suriahDDHK News, Suriah — Tim Bantuan Kemanusiaan Indonesia Aid Dompet Dhuafa for Syria menyalurkan bantuan obat-obatan untuk para korban perang Suriah, Kamis (27/3). Bantuan dari para donatur Indonesia melalui Dompet Dhuafa itu disalurkan ke Rumah Sakit Syrian Medical Center dan pusat pengobatan.

“Ada sekitar 40-an pasien yang berobat di tempat ini. Mulai dari luka tembak, tusuk hingga terkena bom. Selain itu Dokter Farhan dari Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa turut membantu di tempat ini,” ujar Nugroho Indera Warman, Koordinator Relawan Tim Kemanusiaan Dompet Dhuafa.

Sebelumnya, tim kemanusiaan juga mengunjungi Emel Hospital, sebuah rumah sakit lapangan yang ditujukan bagi para korban perang Suriah. Terlihat di rumah sakit tersebut, ratusan pengungsi Suriah mengantri di apotik yang sudah disediakan,

Di tempat yang lain, tim kemanusiaan juga melakukan serah terima bantuan obat-obatan untuk diserahkan langsung ke Suriah. Namun, selama 3 hari menunggu kepastian untuk menyebrang ke Suriah ada beberapa kendala yang dihadapi, salah satunya semakin panasnya perbatasan dengan adanya saling serang antara Turki dan Suriah.

“Serah terima bantuan kami berikan kepada mitra NGO Internasional dari Turki bernama IHH, mengingat kondisi tidak memungkinkan,” terang Nugroho.

Menurutnya, saat ini warga-warga disana sangat membutuhkan obat-obatan. Dan obat menjadi kebutuhan utama di Suriah. Informasi yang terdengar dari beberapa warga Suriah, para korban perang yang masih berada di Suriah mengalami berbagai tindak kekerasan seperti dipukul dengan benda keras hingga pingsan) karena sudah kehabisan anastesi atau obat bius.

“Bantuan obat-obatan termasuk anastesi sebanyak ratusan karton akan diseberangkan oleh pihak IHH ke tiga rumah sakit yang ada di Suriah di wilayah Bab Al-Hawa, Sarmada dan Azman dengan penerima manfaat sekitar 1.000 pasien yang ada di sana,” jelas Nugroho.

Dihari yang sama, Tim Kemanusiaan juga mengunjungi Panti Asuhan Kahtiin. Di mana panti asuhan ini menampung  kurang lebih 30anak yang berusia 5-10 tahun yang kedua orangtuanya menjadi korban perang Suriah. Meski keadaan genting tengah mengancam mereka, namun mereka terlihat semangat dalam menjalankan aktivitas mereka kembali.

“Ketika kami datang ada sekitar 14 anak yang sedang belajar hapalan Qur’an. Dan pada saat tim datang disajikan sebuah bacaan surat An-Naba dengan suara yang lembut dari mulut kecil anak-anak manis para syahid ini,” terang Nugroho

Di sana, Tim Kemanusiaan berencana menjalankan Aksi Layanan Sehat (ALS) juga sekaligus memberikan bingkisan berupa makanan ringan, susu, buku cerita dan spidol berwarna. Pihak panti asuhan merasa bersyukur dan menerima dengan terbuka atas rencana tersebut.

“Kami bergegas  ke pusat kota untuk membeli barang tersebut dari sisa dana yang ada. Esok hari kami berencana untuk membeli obat-obatan seperti untuk obat batuk, demam, obat mata dan vitamin untuk aksi layanan sehat yang akan dilakukan oleh dokter Farhan,” jelas Nugroho. (dompetdhuafa.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *