Sunday, September 24, 2017
Beranda > Dunia Islam > Dompet Dhuafa Tebar Semangat Idul Fitri Pengungsi Rohingya

Dompet Dhuafa Tebar Semangat Idul Fitri Pengungsi Rohingya

pengungsi-muslim-rohingya-di-aceh-_150612024034-434DDHK News – Tangerang Selatan — Menjalani Ramadhan di negeri orang dan berada di pengungsian tentunya bukan hal yang diinginkan semua orang. Tentu menjadi harapan seluruh Muslim Rohingya untuk dapat melaksanakan puasa di negeri kelahirannya. Namun Muslim Rohingya tak memiliki pilihan untuk menjalani puasa di pengungsian.

Tidak lama Idul Fitri 1436 H tiba, hal tersebut menjadi latar belakang yang mendorong Dompet Dhuafa menggelar shalat ied bersama untuk para pengungsi rohingya.

“Shalat hari raya Idul Fitri yang diinisiasi Dompet Dhuafa bersama Majelis Ta’lim Assunni tersebut bertujuan untuk menambah semangat hari raya masyarakat Rohingya,” kata Divisi Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) Fajar Shafari Nugraha pada Selasa (14/7) di Tangerang Selatan.

Perayaan Idul Fitri di pengungsian pun menjadi ajang renungan bagi masyarakat Rohingya. Hal itu agar mereka tak lagi merasa disingkirkan.

Selama bulan Ramadhan Dompet Dhuafa masyarakat Rohingya yang berada di Kuala Langsa mengikuti berbagai kegiatan untuk mengisi hari-hari mereka selama di pengungsian. Mereka disibukkan dengan beragam kegiatan keagamaan.

Di antara kegiatan keagamaan yang dilakukan masyarakat Rohingya di Aceh adalah kegiatan membaca Iqra bagi anak-anak. “Kegiatan membaca Iqra dimulai sejak pukul 08:00 hingga 10:00 di posko Sekolah Ceria yang dibangun oleh Dompet Dhuafa,” ujar Fajar.

Tak hanya itu, pengungsi Rohingya pun mendapat pengajaran dasar agama Islam (berwudhu, mengaji) dan tausyiah. Salat tarawih berjamaah serta kegiatan buka bersama pun rutin dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan. Lebih dari dari seratus masyarakat Kuala Langsa yang hadir dalam buka bersama tersebut.

“Setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu kita gelar pengajian rutin setiap ba’da ashar. Kita juga melakukan sholat tarawih yang diimami oleh ulama lokal yang telah bekerjasama dengan Cordofa,” kata Fajar.

Di luar program Ramadhan, Dompet Dhuafa juga membuka Sekolah Ceria untuk anak-anak Rohingya melakukan kegiatan belajar. Di Sekolah Ceria pengungsi dapat belajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Rohingya sendiri agar mereka dapat mudah berkomunikasi nantinya. (ROL/kabarmedan.com)

 

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *