Sunday, September 24, 2017
Beranda > Dunia Islam > Dompet Dhuafa USA Bantu Pengungsi di AS

Dompet Dhuafa USA Bantu Pengungsi di AS

Dompet Dhuafa USA Bantu Pengungsi di ASDDHK News – Hong Kong — Dompet Dhuafa USA ikut membantu mustahiq (penerima zakat) di Amerika Serikat. Sama seperti kondisi di negara lain, Amerika Serikat juga memiliki lapisan masyarakat yang kurang beruntung. Salah satunya adalah komunitas-komunitas pengungsi yang baru re-settlement di negeri Paman Sam ini.

Amerika serikat adalah satu dari negara-negara yang meratifikasi Konvensi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengenai pengungsi. Tak heran, Amerika Serikat kini menjadi tanah air baru dari para pengungsi dari wilayah-wilayah konflik di Afrika, Timur Tengah, Amerika Selatan dan belahan dunia lainnya. Melihat kenyataan ini, Dompet Dhuafa USA berusaha menjalin simpul-simpul kebersamaan dan pemberdayaan dengan komunitas-komunitas pengungsi di AS, terutama di Philadelphia.

Mayyida adalah salah satu pengungsi perempuan beranak enam yang baru saja re-settlement di Philadelphia. Suaminya tewas dalam perang saudara yang melibatkan Sudan Selatan dan Sudan Utara. Sebelum mendarat di Amerika Serikat enam bulan lalu, ia tingga di sebuah kamp pengungsian di Ethiopia. Kini Mayyida dan ke-enam anaknya, yang tak bisa berbahasa inggris, harus menyesuaikan diri dan bertahan di AS sebisa mungkin. Pemerintah AS juga memberikan bantuan kepadanya, seperti bantuan tempat tinggal, makanan, dan sedikit pembelajaran untuk proses penyesuaian diri, seperti bagaimana cara naik bis, mengenali lingkungan sekitar, dan pergi ke rumah sakit.

Sebagai pendatang baru di AS, ini adalah Ramadhan dan Idul Fitri pertama Mayyida dan anak-anaknya. Kehadiran komunitas-komunitas muslim yang membantunya tentu memberikan kesan kehangatan tersendiri baginya. Berada di tengah-tengah saudara seiman telah menguapkan semua rasa kesendirian dan kesedihan. Inilah pesan utama dari bulan Ramadhan sebagai bulan persatuan dan ibadah zakat sebagai perekat solidaritas umat.

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *