Sunday, November 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Dua Komunitas Muslim di Serbia Segera Akhiri Persaingan

Dua Komunitas Muslim di Serbia Segera Akhiri Persaingan

Komunitas Muslim di wilayah Sandzhak, Serbia, yang terkotak-kotak kini sangat dekat untuk mencapai kesepakatan bersatu. Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davuto?lu, terlibat dalam misi rahasia bersama pemerintah Serbia untuk menyatukan kelompok-kelompok agama yang bersaing itu.

“Ini adalah isu-isu kontroversial yang telah lama dibahas di Serbia, di Sandzhak. Ada indikasi mereka segera mengakhiri konflik dan bersatu,” kata Ahmet Davuto?lu.

“Kami ingin menyelesaikannya dalam waktu singkat,” imbuh Davutoglu kepada wartawan Belgrade usai mengadakan pembicaraan dengan Presiden Serbia, Boris Tadic, dan Menteri Luar Negeri Vuk Yeremic.

Ada dua kelompok Muslim di wilayah Sandzhak, wilayah yang berpenduduk mayoritas Muslim asal Bosnia. Muammer Zukoric, yang memiliki hubungan dekat dengan Grand Mufti Bosnia Herzegovina, memimpin masyarakat Islam Serbia. Saingan utamanya, Adem Zilkic, memimpin masyarakat Islam di Serbia yang didukung oleh Beograd.

Persaingan kedua kubu dikhawatirkan mengacaukan daerah serta hubungan antara Serbia dan Bosnia-Herzegovina.

Inisiatif Turki untuk mengakhiri perselisihan di wilayah ini berubah menjadi aksi diplomatik, setelah kepala Direktorat Turki Urusan Agama, Mehmet Görmez, mengadakan beberapa pertemuan dengan para pemimpin agama di daerah Balkan itu.

“Kami harus bekerja dengan sabar. Pekerjaan kami bertujuan menemukan kesamaan di antara pandangan yang berbeda,” kata Davutoglu.

Meskipun inisiatif dari Turki, pemerintah Serbia tidak ragu untuk menerimanya, mengingat hubungan baik antara kedua negara. Tindakan Turki ditafsirkan sebagai misi niat baik di Beograd.

“Saya harap kesatuan di Sandzhak ini akan terjadi berkat persahabatan antara Turki dan Serbia. Kami akan terus bekerja dengan Serbia. Kami meninggalkan Beograd dengan kesan positif, “katanya.

Menurut sensus 2002, ada 239.658 Muslim di Serbia atau sekitar 3% dari total populasi. Konsentrasi terbesar kaum Muslim di Serbia dapat ditemukan di kota-kota Novi Pazar, Tutin, Sandzak, Presevo, Bujanovac, dan Lembah Presevo.

Islam masuk ke wilayah Balkan ini pada era Khilafah Islam Turki Utsmani. Komunitas Islam di Serbia, yang berbasis di Novi Pazar, kota terbesar di Sandzak –terlihat tetangga Bosnia– dipimpin oleh Muamer Zukorlic. (Mel/ Hurriyet Daily News/Naslovi.net/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *