Wednesday, August 15, 2018
Beranda > Dunia Islam > ‘Eropa Campaign’ Minta Dunia Internasional Lindungi Konvoi Bantuan ke Gaza

‘Eropa Campaign’ Minta Dunia Internasional Lindungi Konvoi Bantuan ke Gaza

Eropa Campaign untuk pembebasan blokade Gaza meminta dunia internasional menjamin keselamatan Freedom Flotilla 2 yang dijadwalkan akan mulai berlayar akhir Mei.

Ancaman Israel yang akan menghalangi rombongan bantuan kemanusiaan itu dengan kekuatan militer sebagai pelanggaran terhadap undang-undang dan konvensi internasional.

Dalam pernyataan persnya, Ahad (22/5), lembaga ini mengatakan, tindakan pasukan Israel menembaki kapal Malaysia yang sedang berlayar di perairan Laut Tengah mengisyaratkan tindakan Zionis yang akan ditempuh nantinya terhadap Flotilla 2 yang membawa ratusan relawan internasional.

Hal yang sama pernah dilakukan pasukan Zionis terhdap Flotilla 1 pada 21 Mei 2010 yang menewaskan sembilan relawan Turki dan puluhan lainya luka-luka.

Muhammad Hanun, anggota Eropa Campaign, menyebutkan, kapal dari Eropa akan bertolak bersama sebagian rombongan menuju Gaza bulan depan. “Saat ini kami sedang mempersiapkan surat-surat izin dan akan berangkat dari Dari pelabuhan Genoa, Italia barat laut, melewati semua pantai Italia, dan langsung menuju ke Gaza,” katanya.

Hanun mengisyaratkan, pihaknya akan mengadakan pertemuan pekan depan untuk melakukan perisapan akhir bagi semua pihak yang akan ikut dalam rombongan. Ia menjelaskan, rombongan ini akan memuat 60 relawan dari Italia dan Belanda.

Rombongan dari Perancis akan mulai berlayar dari Marseille (tenggara) pada akhir Juni untuk bergabung rombongn Flotill 2 menuju Gaza.  “Kami telah berhasil mengumpulkan dana cukup untuk biaya transportasi. Kita akan bergerak dari Marseille pada akhir bulan depan,” ujar Claude Lostic, juru bicara Eropa Campaign dari Prancis.

“Sejumlah anggota parlemen Perancis yang akan ikut dalam rombongan ini, selain sejumlah tokoh dunia, olah raga, dan kalangan independen Perancis. Namun, mereka tidak ingin diketahui identitasnya,” ungkapnya. (Mel/Info Palestina).

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *