Monday, September 25, 2017
Beranda > Dunia Islam > Eropa dan Amerika Latin Akui Palestina Merdeka

Eropa dan Amerika Latin Akui Palestina Merdeka

Sejumlah negara di dunia, khususnya Eropa dan Amerika Latin, mengakui kemerdekaan negara Palestina. Pengakuan terbaru di Amerika Latin datang dari Bolivia yang mengakui Palestina sebagai negara merdeka pada Jumat (17/12).

Bolivia mengikuti Brasil, Argentina, dan Uruguay. Presiden Bolivia, Evo Morales, dalam pidatonya saat jumpa pers di Paraguay mengatakan, pemerintahnya akan mengirim sebuah surat kepada Presiden Palestina, Mahmud Abbas, untuk mengakui Palestina sebagai “sebuah negara merdeka dan berdaulat”.

Dia menyatakan, “penjajahan suatu bangsa” sedang dilaksanakan di kawasan itu dan menyeru kepada masyarakat internasional untuk ikut andil menghindari hal tersebut.

Brasil, Argentina, dan Uruguay mengakui Palestina sebagai sebuah negara merdeka pada awal Desember sehingga memicu kemarahan Israel.

Dari Eropa, pengakuan terbaru datang dari Norwegia –negara keempat di Eropa setelah Perancis, Spanyol, dan Portugal, yang secara resmi mengakui kemerdekaan Palestina. Norwegia bergabung dengan lebih dari 130 negara di dunia yang mengakui secara resmi kemerdekaan Palestina berdasarkan teritorial tahun 1967.

Para menteri luar negeri negara Uni Eropa dalam sidangnya di Brussel, Senin (13/12), membahas draf terkait pengakuan terhadap kedaulatan negara Palestina merdeka secara sepihak.

Dalam sidang tersebut, dilaporkan para menlu Uni Eropa membahas draf usulan pengakuan negara Palestina merdeka secara sepihak jika upaya perdamaian tetap gagal sampai 2011. Menurut sumber diplomatik, draf tersebut disusun Jerman dan akan dipaparkan dalam sidang tingkat menlu Uni Eropa.

Pada saat yang sama, rezim Zionis Israel khawatir Uni Eropa benar-benar membuat keputusan sepihak untuk mengakui negara Palestina merdeka setelah proses perundingan damai yang diupayakan Amerika terhenti. (Mel/antara/irib/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *