Sunday, September 24, 2017
Beranda > Hong Kong > Fat Choi DDHK Fasilitasi Akikah dan Kurban BMI HK

Fat Choi DDHK Fasilitasi Akikah dan Kurban BMI HK

Fat Choi adalah salah satu Unit Pelaksana Program Dompet Dhuafa HongKong (DDHK) yang menangani akikah dan kurban. Visi Fat Choi adalah menjadi divisi bagian dari DDHK yang terdepan membantu BMI dalam menjalankan sunah Rasul serta membantu peternak miskin dan kaum dhuafa yang ada di seluruh Indonesia.

Fat Choi DDHK bermisi menghidupkan Sunah Rasul melalui peningkatan kenyamanan dan sosialisasi kepada BMI dalam ibadah kurban dan akikah, dapat membantu peternak miskin yang ada di seluruh Indonesia dan hasilnya di salurkan ke daerah-daerah miskin di tanah air.

Saat ini Fat Choi DDHK diketuai oleh Siti Ruliyah sekaligus anggota tim pengantar ustadz SDSB (Satu Da’i Seribu Berkah) DDHK tahun ini.

Akikah adalah menyembelih hewan untuk kelahiran bayi. Untuk bayi laki-laki akikahnya dua ekor kambing dan satu ekor kambing untuk bayi perempuan.

Hukum akikah adalah sunah muakkad bagi orang yang menanggung belanja si bayi, tetapi jika sudah dewasa dan belum diakikahi, bisa mengakikahkan sendiri. Daging akikah dibagikan dalam keadaan sudah dimasak dan memotong dagingnya pada ruas ruas tulang.

Kurban adalah penyembelihan hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah Swt  pada Hari Raya Idul Qurban 10 Dzhulhijah dan hari tasyrik 11, 12, 13 Dzulhijah. Dagingnya dibagikan dalam keadaan mentah. Qurban hukumnya sunah muakkad.

“Hewan yang akan dijadikan akikah dan kurban  harus sehat, tidak cacat, dan telah mencapai usia dua tahun untuk kambing dan 5 tahun untuk Sapi. Harga kambing/domba sekitar 1100 HKD atau bisa dengan cicilan 100 HKD/bulan.

Harga sapi sekitar 7700 HKD atau bisa dengan cicilan 650 HKD/bulan,” terang Ruli kepada DDHK News. (Tati Tia Surati/Hong Kong).*

Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” [HR. Ahmad dan ibn Majah]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *