Saturday, August 19, 2017
Beranda > Indonesia > FPI: Bom Bunuh Diri Cirebon Bukan Jihad

FPI: Bom Bunuh Diri Cirebon Bukan Jihad

Front Pembela Islam (FPI) mengecam keras insiden bom bunuh diri Masjid Az Zikra, Mapolresta Cirebon, Jawa Barat. FPI juga tidak setuju jika aksi bom bunuh diri dianggap sebagai jihad versi teroris.

Ketua FPI Depok Habib Idrus Al Gadhri mengatakan, sasaran bom bunuh diri di Cirebon sudah salah kaprah dan melukai umat Muslim yang hendak melaksanakan shalat Jumat. Menurutnya, jihad bukan hanya pada zaman perang, namun dilakukan atas dasar memperjuangkan umat.

“Jihad fissabilillah banyak pengertiannya, kalau bom bunuh diri bukan jihad namanya, misalnya demo menentang Ahmadiyah itu salah satu jihad,” jelasnya kepada Okezone, Minggu (17/04/11).

Idrus juga tidak sepakat dengan keinginan para teroris yang ingin mewujudkan negara islam. Sebab selama ini FPI pun hanya berjuang untuk menegakkan syariat islam.

“Kami tidak kesana, tidak ingin membentuk negara islam, falsafah tetap Pancasila, tapi syariat tetap kita perjuangkan,” tegasnya.

Jumat (15/4) lalu sebuah bom meledak di Masjid Al Zikra, Mapolresta Cirebon dari tubuh pelaku yang diduga bernama Muhammad Syarif. Sedikitnya satu orang tewas –diduga pelaku pengeboman sendiri– dan puluhan polisi luka-luka dalam insiden tersebut.

Mabes Polri belum memastikan pelaku pengeboman adalah M. Syarif –satu-satunya korban tewas dalam insiden itu.  Menurut Ketua RT 003/06, Pekalipan, Cirebon, Sopandi, Muhamad Syarif dikenal warga sebagai pria yang stress dan kerap berbuat tindakan di luar batas.

“Dia pernah membubarkan sekumpulan pemuda yang sedang mabuk sambil memecahkan botol. Tapi mereka tidak melawan karena mereka menganggap Syarif stres,” kata Sopandi kepada wartawan, Sabtu (16/4/2011).

Selain itu, Syarif juga dikenal keras dan temperamen. Dia pernah kedapatan memukuli adik kandungnya sendiri. “Dia memang tidak akrab dengan keluarganya, apalagi dengan warga lainnya,” tandasnya. (OKEZONE)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *