Monday, October 23, 2017
Beranda > Hong Kong > GANNISHA Band Wujud Kreativitas BMI Hong Kong

GANNISHA Band Wujud Kreativitas BMI Hong Kong

Buruh Migran Indonesia di Hong Kong (BMI HK) boleh dibilang bernasib lebih baik dibanding BMI di negara lain. Banyak BMI HK berani berekspresi dan pintar memanfaatkan waktu libur dengan kegiatan positif, baik belajar di tempat formal maupun otodidak. Layaknya “kampus kehidupan”, itulah Hong Kong bagi BMI yang melangkahkan niat untuk benar-benar memanfaatkan waktu masa bekerjanya.

Banyak sekali kesempatan terbuka untuk belajar, mengikuti pendidikan, pengajian, pengembangan diri, termasuk seni. Di antara BMI HK yang memanfaatkan waktu libur untuk kegiata positif itu adalah mereka yang tergabung dalam kelompok musik GANNISHA Band (Gabungan Annisha/Perempuan).

GANNISHA merupakan band karya asli wujud kreativitas BMI HK yang resmi berdiri 16 oktober 2011. Band ini terdiri dari empat personil perempuan, yaitu Lina (vocal+melody), Ovie (gitar), Riries (bass), Veve (drum).

Dengan mengusung jenis musik alternatif, mereka berharap bisa menjadi inspirasi, meskipun BMI rentan diskriminasi namun mereka masih bisa merdeka berekspresi dalam seni dan musik.

“Meskipun kualitas alakadarnya, karena skill bermusik kami pelajari secara otodidak, GANNISHA siap menerima kritik dari orang-orang yang mahir bermusik, mungkin karena kualitas dan status sosial kami sebagai BMI yang biasanya selalu diperlakukan berbeda (diskriminasi). Yang jelas, miskin harta tidak berarti miskin karya, dan bermusik tidak harus mengubah kodrat kita sebagai perempuan. Harapanya, ini bisa menjadi pesan positif bagi kawan BMI lainya, bahwa kita harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin,” ujar Lina, sang vokalis.

Bermula dari menyalurkan hobi mereka dalam bermusik dan mengisi waktu senggang di sela-sela kejenuhan bekerja, para personil GANNISHA sekarang memiliki kegiatan latihan menggarap musik di Studio Band Taikoo E&L HK.

Karena keterbatasan waktu, mereka hanya bisa latihan sekitar tiga jam setiap hari Minggu. GANNISHA juga biasa berkumpul di pohon palm (kampus hujau), Victoria Park. Kontak info: Lina (94574037). (Anita Sri Rahayu/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “GANNISHA Band Wujud Kreativitas BMI Hong Kong

  1. Thanks to DDHK News,,,,,
    n ganbate buat Gannisha Band
    tetep semangat tetep berkarya dengan tujuan yang positif,,,,^_^
    salam damai n peace,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *