Sunday, November 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Gelombang Baru Pengungsi Muslim Rohingya Tiba di Thailand

Gelombang Baru Pengungsi Muslim Rohingya Tiba di Thailand

DDHK News — Sebanyak 67 Muslim Rohingya –etnis minoritas Muslim di Myanmar– tiba di Thailand. Merela mengaku terpaksa mengungsi ke Thailand karena menjadi korban penganiayaan di negara asal.

Grup baru pengungsi itu menambah jumlah pengungsi Muslim Rohingya yang tiba di Thailand selatan.

Kedatangan mereka seakan menjadi ujian bagi  janji internasional Bangkok yang akan menangani pengungsi Rohingya secara manusiawi. Dua tahun lalu, Thailand menghadapi kecaman internasional karena mengusir paksa para pengungsi itu kembali melaut dengan perahu kecil tanpa bekal makanan dan air yang cukup.

Ke-67 Muslim Rohingya yang tiba Minggu lalu itu merupakan kelompok kedua yang atang ke daratan Thailand dalam beberapa hari terakhir. Kelompok lain berjumlah 91 pengungsi tiba hari Sabtu. Kelompok kedua itu sudah ditampung di sebuah kantor polisi di Provinsi Satun.

“Saya mau tinggal di mana saja, asalkan bukan di Myanmar. Jika saya kembali (ke Myanmar), bisa akan mati,” kata salah seorang pengungsi, Noori Shalom, dalam sebuah wawancara telepon dari kantor polisi dengan CNN.

Ia mengaku datang dari kota Mondul, meninggalkan istri dan dua anaknya, untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Dia berjanji kepada keluarganya, jika semua berjalan lancar, ia akan membawa mereka ke tempat yang baru.

Pengungsi lainnya, seorang anak berusia 10 tahun, Muhammad Fariq. Ia mengaku membayar 40.000 Kyat untuk ikut naik perahu. Ia berada di lautan selama 15 hari sebelum tiba di Thailand dan berharap bisa masuk Malaysia untuk mencari pekerjaan.

Pemerintah Thailand akan menghadapi kendala jika akan mengembalikan mereka ke negeri asalnya karena pemerintah Myanmar sudah tidak mengakui mereka sebagai warganya. Saat ini ada sekitar seribu pengungsi Muslim Rohingya yang masih tinggal di kantor imigrasi setempat.

“Kami sangat menyadari hak asasi manusia dan kami menyediakan mereka semua kebutuhan dasar kemanusiaan, makanan, dan tempat penampungan,” kata seorang pejabat Thailand. (Mel/CNN).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *