Sunday, August 20, 2017
Beranda > Hong Kong > Halaqoh Senin Rihlah ke Deep Waterbay Beach

Halaqoh Senin Rihlah ke Deep Waterbay Beach

Dakwah lapangan Halaqoh Senin kali ini rihlah ke Deep Waterbay Beach dengan acara Siu Ye Sik (BBQ), Senin (12/12), diikuti seluruh anggota dan jamaah Halaqoh Senin. Jamaah berangkat dari Wanchai dengan naik Siupa (bis kecil) No. 40 jurusan Stanley Beach, turun di Samsoewan.

Tiba di tempat tujuan tepat pukul 11.30. Acara diawalai dengan dzikir yang dipimpin oleh Ustadzah Mimi Jamilah Mahya, dilanjutkan Sholawatan bersama.

Sambil menikmati BBQ dan menikmati pemandangan laut lepas yang berseberangan dengan arena wisata Ocean Park, teman-teman BMI HK menikmati acara itu.

“Alhamdulilah cuaca hari ini sangat mendukung dengan suhu udara sekitar 12-18 derajat celsius dan matahari yang bersinar cerah, menambah keceriaan teman-teman, apalagi acara BBQ kemarin sebelumnya pernah tertunda dikarenakan cuaca yang kurang mendukung, dingin pun tidak lagi terasa,” ujar salah satu pengurus Halaqoh Senin, Nia Kurnia.

Memasuki waktu Dhuhur, acara dilanjutkan dengan Sholat Dhuhur barjamaah yang diimami Ketua Halaqoh Senin, Wati Nur Azizah.

Sekitar jam 3  sore, Ustadz Abdul Muhaemin dari Islamic Union of Hong Kong (IUHK) datang bersama dengan istri yang kebetulan keluarga yang tinggal di Malaysia sedang liburan di Hong Kong, 4 orang anaknya yang brangkat pagi bersama rombongan Ustadzah Mimi jamilah.

Duduk beralaskan tikar, bersama menikmati menu BBQ yang telah dipanggang dan tak ketinggalan menu hasil olahan dapur Halaqoh Senin, lontong, lalapan, dan sambal trasi, suasana terlihat kebersamaan keakraban dan kekeluargaan Halaqoh.

Seusai makan, dilanjutkan dengan tausiah oleh Ustadz Muhaemin Karim. Ia menjelaskan, salah satu tujuan tafakur alam adalah mentafakuri (merenungi) ciptaan Allah SWT, juga untuk menyegarkan pikiran kita yang selama ini melakukan kegiatan di dalam ruangan (masjid), juga diharapkan lebih terciptanya rasa kebersamaan dan persaudaraan.

Momen seperti itu juga sebagai salah satu media dakwah kita khususnya di negri non muslim (Hong Kong) khususnya yang masih belum memahami Islam, dan kenapa wanita dalam Islam harus menutup seluruh tubuh –memakai kerudung.

Sebagai contoh, untuk menjawab pertanyaan sederhana, kenapa wanita muslim menutup kepala dan berpakaian panjang, diumpamakan oleh Ust. Muhaemin ibarat dua buah permen. Satunya masih dibungkus, satunya lagi sudah tidak terbungkus. Jika dua permen itu dijatuhkan di tanah, maka sudah pasti yang masih terbungkus itu tetap bersih dan terlindungi, sedang yang tidak terbungkus tadi sudah pasti kotor berlumur tanah (kotoran). “Begitulah perumpamaan menjawab pertanyaan simple yang umum kita terima dari orang nonmuslim, kita dianjurkan menjawab singkat namun masuk akal,” jelasnya.

“Dengan kegiatan ini, secara otomatis, kita sedang menunjukkan bagaimana Islam. Dari cara berpakaian kita rapat, dari kebersamaan dan kerjasama kita, betapa ringanya jika pekerjaan itu dilakukan bersama.”

Di sekitar tampat BBQ yang dilakukan Halaqoh Senin, banyak orang orang yang memperhatikan dan menghampiri. Mereka pun menyambutnya dengan ramah dan senang hati berbagi makanan dengan mereka.

Bahkan, Ustadz Muhaemin sendiri memilih tempat untuk menyampaikan tausyiahnya, yaitu tepat di pinggir pantai dan di antara tungku-tungku bakaran. Suasana yang santai namun dengan tausiahnya yang sangat mengena.

“Acara ini merupakan agenda kegiatan Halaqoh Senin setiap bulan sekali untuk makin menguatkan tali silaturahim antara anggota jamaah Halaqoh Senin,” kata Wati Nur Azizah kepada reporter DDHK News. (Lutfiana Wakhid/ddhongkong.org).

Foto: Nia Kurnia

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *