Friday, October 19, 2018
Beranda > Konsultasi Islam > Hukum Ramalan Dukun dan Ramalan Cuaca

Hukum Ramalan Dukun dan Ramalan Cuaca

Tolong dijelaskan hukum meramal atau ramalan, seperti zodiak (ramalan bintang), atau kata2 paranormal yang suka meramal. Bagaimana hukumnya menurut Islam? Bagaimana dengan ramalan cuaca? Sykr.

JAWAB: Kaum Muslim tidak dibolehkan mempercayai ramalan apa apun, kecuali ”ramalan ilmiah” seperti ramalan cuaca atau fenomena alam lain yang didapat secara ilmiah –metode ramalannya beda dengan para dukun/paranormal.

Jadi, ramalan cuaca, menurut para ulama, boleh dipercata karena BMKG memperkirakan cuaca berdasarkan perhitungan ilmiah dan data satelit, sangat logis, dan bisa  dibuktikan secara ilmiah pula. Berbeda dengan para dukun  yang meramal berdasarkan ‘penerawangan’, ‘wisik’ (bisikan ghaib) yang hakikatnya dari jin-jin yang membumbui dengan seribu macam kebohongan.

Tentang ramalan dukun, jelas haram dipercaya. ”Barangsiapa yang mendatangi seorang peramal (dukun) dan memercayai apa yang ia ramalkan, maka ia telah kufur terhadap wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

”Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal, lalu bertanya kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima sholatnya selama 40 hari.” (HR. Muslim).” Wallahu a’lam.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *