Friday, October 19, 2018
Beranda > Indonesia > Idul Fitri Diperkirakan Hari Senin 28 Juli

Idul Fitri Diperkirakan Hari Senin 28 Juli

Idul Fitri - Lebaran

Idul Fitri - LebaranDDHK News, Indonesia — Idul Fitri 1 Syawal 1435 H di Indonesia diperkirakan jatuh pada hari Senin 28 Juli 2014. Menurut Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar, kepastian1 Syawal akan didapat dari sidang Isbat yang digelar pada Minggu (27/7) dan posisi hilal.

“Kemungkinan besar akan jatuh 28 Juli karena hilal diprediksi sudah berada sekitar 2-3 derajat yang berarti sudah memasuki batas untuk di rukhiat. Kalau terang 2 derajat semakin bisa dipantau,” ujar Nasaruddin.

Sidang Isbat penentuan 1 Syawal, katanya, akan melibatkan organisasi-organisasi Islam sebagaimana sidang Isbat penentuan 1 Ramadan yang digelar 29 Juni lalu. Hal ini dilakukan untuk menyatukan pendapat dan pandangan dari semua organisasi Islam dalam tata cara penentuan 1 Syawal.

Sebelumnya, Pengurus Pusat Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1435 H jatuh pada Senin 28 Juli 2014. Hitungan yang digunakan oleh Muhammadiyah yakni berdasarkan metode hisab hakiki yang berpatokan pada gerak benda langit khususnya matahari pada bulan faktual. (MI/MTN/ROL)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *