Sunday, December 17, 2017
Beranda > Featured > Motivator Ippho: Ingin Sukses, Bantu Orang Lain!

Motivator Ippho: Ingin Sukses, Bantu Orang Lain!

ipho minggu

ipho mingguDDHK News, Hong Kong – Motivator Ippho Santosa, Anda kenal? Ribuan BMI Hong Kong memadati Aula Just Dance Cafe, Fortess Hill, guna menghadiri “Seminar 7 Keajaiban Rezeki” bersama pakar otak kanan Ippho Santosa, Ahad (16/6), yang diadakan Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK). Acara yang dibagi menjadi dua sesi ini mampu menyihir peserta dengan tips-tips percepatan rezekinya.

Ippho menyatakan, jika kita ingin sukses, kaya, cerdas, dan sebagainya, maka bantulah orang lain. “Sedekah melipat gandakan harta kita, zakat maal membersihkan serta melindungi harta kita,” katanya.

Ditegaskannya, zakat wajib hukumnya dan itu harus kita keluarkan. Karena kalau tidak, maka Allah akan paksa untuk dikeluarkan.  Zakat harus melalui lembaga, sedangkan jika kita memberi kepada saudara, tetangga,teman atau keluarga itu namanya sedekah. Percayakan kepada mereka (lembaga) untuk mengurusnya.

“Zakat kalau tidak dikeluarkan itu ibarat kita makan duren dengan kulit-kulitnya karena dari harta kita terdapat hak orang lain. Sedekah ikhlas tidak ikhlas harus tetap bersedekah, hingga menjadi kebiasaan, dan tumbuhlah perasaan ikhlas di hati. Paksakan jika itu untuk kebaikan,” terangnya.

“Kebanyakan dari kita memaksakan untuk hal yang konsumtif, tapi untuk hal yang produktif tidak. Seharusnya kebalikannya. Misal lebih senang membeli tas bermerk daripada membeli mesin untuk usaha.”

Ippho juga mengingatkan, berbakti kepada orang tua memperlancar rezeki, durhaka kepada orangtua mendapat petaka. Kunci sukses dengan sepasang bidadari merekalah orangtua dan mertua kita. Perbaiki hubungan kita, selaraskan dengan mereka. Karena jika doa sudah selaras, maka akan mempercepat terjawabnya doa kita.

“Perisai langit yaitu dengan melakukan sunatulloh, ibadahnya ditingkatkan baik yang wajib maupun sunahnya, perbaiki dan pantaskan diri dihadapan Allah, maka Allah akan memantaskan kita dengan yang terbaik,” imbuhnya.

Ippho mengimbau agar jamaah mengajarkan anak sedini mungkin tentang bisnis dan keuangan, bukan berarti kapitalis. Tapi agar anak tahu dan paham dari mana dan bagaimana uang didapatkan.

“Ada yang bilang, orang kaya susah masuk surganya, iya jika ia menggunakan dan mendapatkannya dengan cara tidak benar. Tapi dengan kekayaan yang kita miliki, kita bisa menolong orang lain. Orang miskin bisa umroh, tapi orang kaya bisa umroh dan mengumrohkan orang lain. Sahabat-sahabat Nabi, Umar,Abu bakar, Abdurahman Bin auf dan lainnya mereka kaya dan dengan kekayaannya bisa menolong orang lain.”

Sejak usia enam tahun, lanjut Ippho, Nabi Saw sudah bisa menghasilkan uang dengan menggembala kambing, lalu usia delapan tahun sudah mulai berdagang. Lakukan bisnis dalam skala kecil dulu, kemudian dikembangkan.

“Jangan hanya ingin jadi pekerja terus, kalau nanti semua jadi pebisnis biar pekerjanya nanti kita impor TKI (Tenaga Kerja Inggris) atau TKW (Tenaga Kerja Washington). ‘Kan enak tuh,” guraunya.

“Sering kita mendengar istilah dengan menabung sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Yang ada lama-lama jadi bosan karena tidak bertambah. Karena inflasi tiap tahunnya lebih besar daripada bunga yang kita dapatkan. Investasikan itu lebih baik, bisa dalam emas atau properti atau bisnis yang menghasilkan dan jelas.”

Dalam acara ini DDHK juga menggalang dana dari jamaah. Sesi pagi terkumpul dana sebanyak HKD 35.080+ HKD 5.500 (untuk lelang Al-Qurán), 3 buah HP (Blacberry, Samsung, dan Nokia), 1 buah buku Muslim Millionaire, anting 1set beserta suratnya.

Sesi siang terkumpul dana HKD 29. 943+ HKD 7000 (lelang Al-Qurán)+ Rp 600.000,- serta 2 kamera digital, 2 HP (Samsung, Nokia), 3 buah cincin emas, 1 jam tangan dan 1 buah buku 7keajaiban rezeki.

Barang-barang tersebut akan dilelang dalam acara Seminar Kesehatan bersama LKT DDHK di Masjid Ammar Wanchai lantai 6, Ahad 23 Juni 2013. Hasil dana akan disalurkan untuk dakwah lintas batas di Dompet Dhuafa Amerika (Islamic Centre DD). (Rima Khumaira/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *