Monday, October 23, 2017
Beranda > Indonesia > Irena Handono: Umat Muslim Perlu Kembali ke ‘Iqro’

Irena Handono: Umat Muslim Perlu Kembali ke ‘Iqro’

Permasalahan umat Islam di Indonesia dinilai tak jauh-jauh dari seputar kualitas keimanan. Menurut Irena Handono, mantan biarawati yang kini menjadi dai, umat Muslim di Indonesia baru besar dari sisi jumlah.

“Tapi mohon maaf, kita masih perlu peningkatan dalam kualitas,” kata dia saat berbincang dengan Republika, Jumat (30/12).

Kualitas keimanan, lanjut dia, sangat penting dalam menangkal pengiskisan budaya dan pemikiran. “Contohnya saja banyak sekali remaja yang tergiur dan ikut-ikutan budaya Valentine. Padahal Islam adalah agama rahmatan lil alamin,” kata dia.

Hal itu menurutnya, disebabkan karena umat Islam di Indonesia masih kalah dalam hal percaturan budaya. “Anak muda selalu menerima apa pun yang berasal dari Barat dianggap yang paling bagus,” ujarnya prihatin.

Untuk mengatasi hal tersebut, sangat penting untuk kembali kepada gerakan ‘Iqro’ (membaca). Ia mengatakan perlu sekali bagi umat Muslim untuk senantiasa mencari ilmu dengan banyak-banyak membaca. “Segala permasalahan yang menimpa umat saat ini harus diungkapkan, agar umat menjadi paham dan muncul kesadaran untuk kembali ke iqro,” ujar dia. (Republika).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *