Saturday, November 18, 2017
Beranda > Ragam > Jangan Memakai Cincin di Jari Tengah dan Telunjuk!

Jangan Memakai Cincin di Jari Tengah dan Telunjuk!

Memakai cincin boleh di jari tangan kanan atau kiri. Namun satu hal yang harus diperhatikan, sebaiknya –seperti dicontohkan Rasulullah Saw– cincin dikenakan pada jari manis tangan kanan.

Dilarang memakai cincin pada jari telunjuk dan jari tengah. Siti Aisyah, isteri Rasulullah Saw, meriwayatkan, Rasulullah melarang umatnya memakai cincin pada jari tengah karena hal itu menyerupai kaum Nabi Luth a.s. Kita tahu, kaum Nabi Luth mempraktikkan perilaku seks menyimpang, yakni homoseksualitas.

Masa kini, jari tengah juga simbol cabul, jorok, yang mengarah pada pornoisme.

Dari ‘Ali bin Abi Thalib berkata, “Rasulullah Saw melarang kami untuk memakai cincin pada jari ini atau yang sampingnya. Beliau mengisyaratkan pada jari tengah dan sampingnya (telunjuk).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat An-Nasa’i: “Rasulullah Saw melarangku untuk memakai cincin pada jari telunjuk dan jari tengah.” Wallahu a’lam.*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *