Monday, September 25, 2017
Beranda > Mutiara Hikmah > JANGAN SAMPAI KITA LAKSANA KAYU TERSANDAR & HEWAN TERNAK

JANGAN SAMPAI KITA LAKSANA KAYU TERSANDAR & HEWAN TERNAK

Manusia adalah makhluk Allah SWT yang paling indah. “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (ahsani taqwim)” (Q.S. At-Tiin:4). Keistimewaan manusia dibanding binatang, misalnya, yakni dengan dianugerahinya manusia akal dan hati (jiwa).

Namun, jika jiwa dan akal manusia kosong dari nilai-nilai agama, etika, dan pengetahuan, maka manusia itu tidak ada bedanya dengan benda mati. Al-Quran menyebutnya “ka-annahum khusyubum musannadah”, laksana kayu yang tersandar” (Q.S. Al-Munaafiquun: 4).

Bahkan, manusia yang tidak menggunakan akal dan hatinya untuk beriman dan beramal saleh, dijuluki “kal an’am balhum adhollun”, laksana binatang ternak, bahkan lebih sesat lagi!

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS 7: 179).

Na’udzubillah…. Kita berlindung kepada Allah dari hal demikian. Wallahu a’lam.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *