Tuesday, November 21, 2017
Beranda > Dunia Islam > Kampus Rusia Larang Mahasiswi Muslimah Berjilbab

Kampus Rusia Larang Mahasiswi Muslimah Berjilbab

muslimah-berjilbab-ilustrasi
Muslimah Berjilbab (ilustrasi).*

DDHK News, Rusia — Kampus Krasnoyarsk State Medical University melarang mahasiswi Muslimah berjilbab. Akibatnya, seorang mahasiswi di kampus Siberia, Rusia, itu diusir lantaran mengenakan jilbab. Stasiun TV lokal di Krasnoyarsk melaporkan, mahasiswi kedokteran tahun ketiga tersebut diusir dari kampusnya karena mengenakan jilbab.

“Ketika kami mendapatkan laporan itu. Kami segera periksa,” ungkap jaksa setempat, Yelena Pimonenko, seperti dikutip RIA Novosti, Selasa (26/3).

Pihak kampus mengatakan, mahasiswi itu dikeluarkan dari kelas karena melanggar “aturan internal” soal pakaian. Namun, pihak kampus menolak untuk menyebutkan aturan mana yang dilanggar.

Menurut pihak kampus, pada aturan yang dipublikasikan Februari, tertera poin yang melarang mahasiswi memasuki kampus dengan pakaian mencerminkan simbol agama seperti jilbab.

Di tempat terpisah, Raifat, remaja 15 tahun asal desa Kyra Tube memilih keluar dari sekolah lantaran menolak untuk melepaskan jilbabnya. Ironisnya, Raifat seorang pelajar berprestasi karena merupakan salah satu pemenang olimpiade lokal.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menilai jilbab sebagai “tradisi asing”.  “Mengapa kami perlu mengadopsi tradisi asing?” kata Putin dalam sebuah wawancara seperti dikutip republika.co.id. Ia menilai, pemimpin Muslim Rusia harusnya juga mengatakan hal yang sama bahwa mengenakan jilbab di sekolah adalah hal keliru. “Dan sekarang Anda meminta kami untuk mengenalkan tradisi ini, buat apa?” kata Putin.*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *