Friday, July 20, 2018
Beranda > Mutiara Hikmah > KEWAJIBAN MUSLIM TERHADAP AGAMANYA

KEWAJIBAN MUSLIM TERHADAP AGAMANYA

Mengacu pada QS. Al-‘Ashr, ulama menyebutkan ada 5 kewajiban kaum Muslim terhadap agamanya (Islam): Iman, ilmu, amal, dakwah, dan jihad. Mengimani Islam, mendalami ilmunya, mengamalkannya, mendakwahkannya, dan membelanya.

Dakwah dan jihad (bela Islam) tidak mesti selalu dengan terjun langsung seperti para da’i dan mujahid di medan juang, tapi juga dengan membantu persiapan dan dukungan moral & material/dana kepada lembaga-lembaga dakwah dan jihad fi sabilillah.

“Barangsiapa yang membantu orang yang berjuang, maka sesungguhnya dia telah berjuang. Dan barangsiapa yang menanggung keluarganya dengan kebaikan, maka sesungguhnya dia telah berperang” (HR Bukhari & Muslim).

Berjuang mendakwahkan dan membela Islam bisa dilakukan dengan ragam cara, dengan harta, jiwa, juga lisan.

“Perangilah orang-orang musyrik dengan harta kalian, jiwa kalian dan lisan kalian” (HR Abu Daud dan Al-Hakim dari Anas). Wallahu a’lam.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *