Friday, July 20, 2018
Beranda > Dunia Islam > Khotib Teheran Seru Dunia Islam Bantu Somalia

Khotib Teheran Seru Dunia Islam Bantu Somalia

Khotib Shalat Jum’at di Teheran, Iran, Ayatullah Ahmad Jannati, dalam khutbahnya hari ini (19/8) berbicara tentang kondisi krisis yang menimpa rakyat Somalia. Dikatakannya, tidak sepatutnya manusia tertidur lelap dan kenyang, sementara anak-anak dan rakyat Somalia menderita penyakit dan kelaparan.

Pada kesempatan itu, Ayatullah Jannati menyeru negara-negara Islam untuk tidak mengabaikan penderitaan rakyat Somalia. Dikatakannya, 12 juta jiwa di Somalia menderita kelaparan dan saat ini dua juta orang berada di ambang kematian.

Seraya menjelaskan bahwa setiap delapan detik satu bayi di Somalia kehilangan nyawanya, Ayatullah Jannati mengingatkan wabah kolera dan penyakit menular lainnya yang tengah merebak di negara itu, karenanya setiap upaya bantuan patut diapresiasi.

“Negara-negara arogan sengaja mengabaikan kondisi di Somalia meski mereka mengetahui musibah yang menimpa negara itu,” sesalnya.

Menurut laporan PBB, sekitar 3,7 juta warga di Somalia terancam kelaparan. Krisis ini merupakan yang terburuk dalam 60 tahun terakhir. Lebih dari 1,5 juta warga Somalia mengungsi akibat pertempuran antarkelompok bersenjata di negara itu.

Kekeringan di Somalia juga mulai mengancam di beberapa negara tetangga seperti Kenya, Ethiopia, dan Djibouti. Dari ketiga negara itu diperkirakan 12,4 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan. (IRIB/RM/MZ)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *