Sunday, November 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Korban Tewas Gempa Turki Diperkirakan Capai 1.000 Orang

Korban Tewas Gempa Turki Diperkirakan Capai 1.000 Orang

Sekitar 1.000 orang diperkirakan tewas tertimpa reruntuhan gedung yang roboh akibat gempa berkekuatan 7,3 SR di kota Van, Turki, Minggu (23/10) “Diperkirakan 500 hingga 1.000 orang tewas akibat gempa,” ujar Kepala Institut Seismological Kandili di Istanbul dalam jumpa pers.

Dalam laporan sebelumnya tidak disebutkan adanya korban tewas, tetapi dikhawatirkan ada yang terperangkap dalam reruntuhan bangunan yang roboh.

Akibat gempa tersebut, sekitar 50 gedung roboh, termasuk sebuah asrama. “Kerusakan yang paling serius terjadi di Ercis, sebuah distrik dengan jumlah penduduk sekitar 100.000 orang,” sebut para pejabat.

Menteri Dalam Negeri Turki, Idris Naim Sahin, menyatakan gempa yang mengguncang wilayah tenggara Turki telah menewaskan lebih dari 200 dan diperkirakan jumlah korban tewas dapat melampaui angka 1.000 orang.

Gempa juga terasa di Armenia dan Iran. Ini merupakan gempa terkuat yang mengguncang Turki dalam hampir satu dekade terakhir.

Walikota Van, Bekir Kaya mengatakan, di dalam kota dua gedung runtuh dan jaringan telepon itu macet karena banyak orang membuat panggilan pada waktu yang sama.

Pada tahun 1999, sekitar 18.000 orang tewas dalam dua gempa bumi kuat yang melanda bagian barat laut Turki. (Antara/Kompas/IRIB).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *