Sunday, August 20, 2017
Beranda > Hong Kong > Kotkiho, Koalisi Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong

Kotkiho, Koalisi Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong

Jumlah tenaga kerja Indonesia di Hong Kong diperkirakan mencapai 150 ribu orang, hampir semuanya perempuan dan bekerja sebagai pembantu rumah tangga (domestic helper). Pemerintah Hong Kong memosisikan mereka sebagai pekerja formal sebagaimana pegawai swasta lainnya.

Mereka pun memiliki hari libur, minimal sehari dalam seminggu, umumnya mereka libur hari Minggu. Hari libur itu dimanfaatkan TKI HK dengan ragam aktivitas, mulai dari pengajian, kursus, kuliah, hingga rekreasi bahkan menggelar aksi demonstrasi.

Tidak hanya itu, mereka juga mendirikan berbagai organisasi, seperti Amanah, Al-Mubarokah, PDV(Persatuan Dakwah Victoria), FKMU (Forum Komunitas Peduli Umat), Sanggar Budaya,YIC (Yogja International Club), Majelis Taklim, LSO (Lentera Sukses Organisation), dan Maratus Sholihah.

Berbagai organisasi Buruh Migran Indonesia (BMI) itu kemudian mendirikan semacam “federasi” untuk menyatukan barisan bernama Kotkiho (Koalisi Tenaga Kerja Indonesia Hong Kong).

Berdiri sejak Agustus 2002, Kotkiho beralamat di Block A,4/f,32 Jardine Mansion, 20 Yee Woo street, Causway Bay. Ketuanya saat ini dijabat Nurhalimah (93446745) dan Divisi Shelter Jackie Utami (93105849).

Menurut Nurhalimah, selain membantu BMI HK di bidang advokasi, sebagai wadah kegiatan berbagai organisasi, ada juga Training Center yang berfungsi sebagai sarana pengembangan kapasitas dan memberikan bimbingan kepada BMI untuk belajar bersama, maju, menggembangkan diri melalui pendidikan, menyediakan kursus bahasa Inggris, komputer, menjahit, dll. “Penghasilannya digunakan untuk aktivitas di shelter,” katanya.

Saat ini ada sekitar 20 BMI bermasalah yang ditampung di Shelter Kotkiho. Selain menampung BMI yang memiliki masalah, shelter juga dijadikan tempat pembinaan di bidang kerohanian dan life skill.

Dalam bidang pembinaan keislaman, Kotkiho mendapat dukungan penuh dari Dompet Dhuafa Hong Kong. “Setiap malam Rabu ada ustadz dari Dompet Dhuafa Hong Kong  yang datang berkunjung ke shelter untuk memimpin pengajian dan ibadah lainnya,” terang Jackie. (Laporan: Tati Tia Surati/Hong Kong).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *