Monday, September 25, 2017
Beranda > Featured > Kunjungan Spesial Dompet Dhuafa ke Guangzhou

Kunjungan Spesial Dompet Dhuafa ke Guangzhou

ddhk-guangzhouAhad, 2 Desember 2012, ada yang spesial di Guangzhou (GZ), khususnya bagi kami kelompok IS-Taqwa GZ, yaitu kelompok pengajian warga muslim Indonesia yang berada di Guangzhou, China. Kenapa spesial? Karena kami kedatangan tamu istimewa, yaitu dua ustadz beken dari Dompet Dhuafa (DD), yaitu Ustadz Drs. H. Wahfiyudin, SE, MBA (beserta istri) selaku Dewan Pengawas Syari’ah DD, dan Ustadz Ahmad Fauzi Qosim (GM DD Hong Kong).

Sebagai perantau di negeri non-Muslim, tentunya kehadiran ulama sangat kami butuhkan sebagai guru sekaligus penyejuk hati dari segala problematika yang ada. Kelegaan mulai terasa ketika mendengar kabar bahwa ustadz dari Hong Kong beserta rombongan akan datang ke GZ untuk berziarah di makam paman Rasul, yaitu Sa’d bin Abi Waqash, lalu berniat untuk berjumpa dengan warga muslim Indonesia di GZ yang terkumpul dalam kelompok pengajian IS-Taqwa GZ.

Terakhir kali kunjungan ustadz di GZ adalah bulan Oktober lalu, tepatnya pada peringatan hari raya Idul Adha, yang diselenggarakan di Aula KJRI GZ. Saat itu Ustadz Iqbal yang juga berasal dari DD bertindak sebagai imam dan khatib Shalat Id.

Pukul 19.30 rombongan akhirnya tiba di KJRI GZ. Beberapa anggota IS-Taqwa sudah menanti. Acara ini dihadiri oleh 20-an peserta dari IS-Taqwa dan dilaksanakan di Aula KJRI GZ –tempat kami setiap jumat malam mengadakan pengajian rutin.

Para peserta yang hadir terdiri dari beberapa mahasiswa S1, S2, dan S3 yang kuliah di Jinan University, South China University, GU of Chinese Medicine, mahasiswa STT Telkom, dan beberapa yang sedang bekerja di Ghuangzhou.

Silaturahim pun dimulai dengan diawali oleh perkenalan dari masing-masing anggota IS-Taqwa dan para ustadz beserta keluarganya.

Ustadz Wahfiyudin yang memiliki pengalaman dakwah yang luar biasa, mulai dari kampung-kampung hingga televisi, dari Sabang hingga Merauke, bahkan telah menjelajah lima benua, berbagi ilmu kepada kami. Materi yang dibahas pun bukan sekadar tema-tema Islam konvensional. Kami juga diajak untuk berpikir global tentang ekonomi dunia hingga mengenai peradaban masa depan yang disebut dengan peradaban Islam.

Ust. Wahfiyudin menyebutkan, dominasi dan pengaruh politik Amerika saat ini sudah jauh berkurang. Di sisi lain, China dengan budaya Taoisme-nya dan juga kebangkitan negara-negara muslim, menjadi ancaman terbesar bagi negara adidaya tersebut. Hal ini dibuktikan dengan pusat perekonomian dunia yang mulai mengarah ke China dan Dubai, serta diakuinya negara Palestina di PBB yang seakan menjadi pukulan telak terhadap kesombongan Amerika dan sekutunya. Luar biasa..! Ust. Wahfiyudin memaparkan segala sesatunya dengan indah sekali.

Dengan tidak melupakan status kami yang berada di China, Ust. Wahfiyudin pun membagi ilmu mengenai yang harus kami lakukan sebagai muslim di negara komunis ini, termasuk tentang masalah wudhu, sholat, dan makanan halal.

Memang tidak mudah untuk hidup di negara yang mayoritas penduduknya non-Muslim. Kehadiran sekaligus penjelasan dari ustadz tentu saja sangat melegakan kami yang selama ini diliputi keragu-raguan tentang banyak hal, khususnya yang berkaitan dengan aturan Islam.

Tidak terasa sudah pukul 10 lewat. Tiba saatnya ustadz memberikan banyak wejangan kepada kami di sini yang mayoritas mahasiswa. Di antara pesan-pesan yang ditekankan yaitu mengingatkan tentang pentingnya penguasaan ilmu dan bahasa, termasuk bahasa Mandarin yang telah menjadi salah satu bahasa terpenting di dunia.

Ust. Wahfiyudin juga berpesan agar kami pandai-pandai memanfaatkan kesempatan, termasuk kesempatan untuk membina persaudaraan dengan warga negara lain, karena suatu saat insya Allah akan sangat bermanfaat.

Tentu saja pesan-pesan tersebut erat hubungannya dengan posisi kami sebagai umat Muslim, untuk meningkatkan kualitas dakwah sekaligus nilai manfaat diri kami demi keselamatan dunia dan akhirat kelak.  Amin ya Rabbal Alamin…! (Fauzi RWP, mahasiswa S3 di Ghuangzhou).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *