Saturday, August 19, 2017
Beranda > Konsultasi Islam > Lagi Puasa, Bolehkah Mencicipi Makanan?

Lagi Puasa, Bolehkah Mencicipi Makanan?

panduan puasa ramadhan

panduan puasa ramadhanAssalamu’alaikum wr wb, bolehkah kita mencicipi masakan/makanan saat sedang puasa? Apa puasanya tidak batal? Makasih. (BMI Hong Kong)

JAWAB: Wa’alaikum salam wr wb. Mencicipi masakan/makanan dibolehkan, tidak membatalkan puasa, asalkan tidak sampai masuk ke kerongkongan.

Ibnu Abbas r.a. berkata, “Tidak mengapa seseorang mencicipi cuka atau sesuatu dalam keadaan sedang berpuasa, selama tidak masuk ke kerongkongan” (HR Bukhari dan Al Baihaqi).

Syaik Ibnu Taimiyah mengatakan, “Mencicipi makanan terlarang bagi orang yang tidak memiliki hajat, akan tetapi hal ini tidak membatalkan puasanya. Adapun untuk orang yang memiliki hajat, maka hukumnya seperti berkumur-kumur.” (Majmu’ Fatawa). Wallahu a’lam bish-shawabi.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *